beauty girl cry

Buang jauh-jauh anggapan, menangis akan membuatmu terlihat lemah dan tak berdaya. Jika beban yang ditanggung terlalu berat atau perasaan terlalu sesak, menangislah. Karena menangis bisa menjadi salah satu solusi. Tak perlu malu. Setelah membaca alasan-alasan ini, Anda pasti tak ragu lagi untuk menangis.

1. Mengurangi Beban

Menangis akan membuat beban dalam hati jadi lebih berkurang. Masalah yang datang bukan hanya membuat pikiran penuh, tapi juga membuat perasaan jadi terbebani. Menangis memang tidak bisa membuat masalah hilang begitu saja, tapi paling tidak bisa membuat beban yang ada di hati jadi jauh lebih berkurang. Kamu

2. Mengeluarkan Racun

Menangis dapat membantu mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Menangis bukan hanya baik untuk kesehatan mental, tapi juga baik untuk mata. Menangis akan mengeluarkan racun dalam tubuh. Penelitian selama bertahun-tahun yang dilakukan ahli biokimia, William Frey, mengungkapkan, ternyata air mata yang dikeluarkan saat merasa emosional seperti sedih atau stres berbeda dengan air mata saat terkena iritasi mata ringan. Seperti mata jadi perih setelah mengiris bawang.

Ketika bawang dipotong, tanaman ini akan melepaskan bahan kimia dan menghasilkan asam sulfat yang membuat mata jadi perih. Air mata juga mengandung kandungan lysozyme yang bersifat anti bakteri, anti virus, dan glukosa yang dapat memberi nutrisi pada sel-sel di permukaan mata dan membuat penglihatan kamu menjadi lebih baik.

3. Lebih Jernih

Anda bisa berpikir lebih jernih setelah menangis. untuk sebagian orang, menangis bukanlah pekerjaan mudah. Banyak yang anti untuk menangis terutama di depan banyak orang. Tidak peduli sekacau apa pun pikirannya, mereka berusaha mengendalikan diri agar bisa terlihat tegar. Jika Anda mengalami hal ini, tidak ada salahnya untuk membiarkan hatimu mengambil alih dan mengeluarkan semua pikiran negatif yang ada dalam bentuk tangisan. Awalnya memang sulit, tapi semakin banyak air mata yang keluar semakin jernih juga pikiranmu.

Air mata juga membantu indera penglihatan. Anda pun akan bisa melihat dengan lebih jernih. Beberapa fungsi air mata adalah melumasi mata serta mencegahnya agar tidak kering.

4. Lebih Bahagia

Menangis bisa membuat Anda jadi lebih bahagia. Terdengar memang aneh, bagaimana bisa? Sebuah studi menunjukkan, menangis ternyata mampu meningkatkan produksi endorphin dalam tubuh. Endorphin ini zat kimia yang dapat membuat kita merasa lebih baik bahkan membuat kita jadi jauh lebih bahagia. Endorphin juga merupakan obat penghilang rasa sakit sekaligus obat penenang alami yang dihasilkan tubuh.

5. Memperbaiki Mood

Dengan menangis, mood yang awalnya buruk akan bisa diperbaiki. Tubuh kita mengandung unsur Mangan. Ini unsur kimia dengan nomer 25 yang dalam kadar berlebihan ternyata berpengaruh buruk untuk tubuh. Pengaruh buruk ini antara lain adalah membuat merasa gelisah, sensitif, dan gampang marah, cepat lelah dan banyak gangguan emosi lainnya. Jadi kalau kamu sedang bad-mood hari ini, bisa jadi level Mangan di tubuh sedang berlebihan.

Hubungan kadar Mangan tubuh dengan menangis adalah, menangis adalah cara paling ampuh untuk menurunkan kadar Mangan yang ada di tubuhmu. Prosesnya ya dengan detoksifikasi.

6. Senjata Perang

Air mata sebenarnya adalah senjata perang melawan bakteri-bakteri dalam mata. Air mata mengandung lysozyme, zat anti bakteri yang mampu membunuh 90 hingga 95 persen bakteri di mata hanya dalam waktu 10 menit. Jika air mata kita tidak punya lysozyme, mungkin dengan bakteri yang selama ini ada di sekitar, Anda bisa sakit flu dan sakit perut selama tiga bulan dan tidak sembuh-sembuh.

7. Memaksa Menghadapi Kenyataan

Menangis akan memaksa kita untuk menghadapi kenyataan. Percaya atau tidak, menangis akan membantu ‘memaksa’ kamu untuk menghadapi bahkan mengajari kamu untuk menerima kenyataan yang ada.

8. Lebih Dekat

Orang yang sudah pernah melihatmu menangis akan merasa lebih dekat denganmu yang asli. Itu karena menangis adalah tali yang terjalin murni dari emosi. Menangis kadang sulit dilakukan. Apalagi di hadapan orang yang tidak dikenal. Ini berarti kita hanya bisa menangis di depan orang yang akrab, begitu juga sebaliknya kita akan dapat merasa lebih dekat dengan orang yang melihatmu menangis.

Hal ini diperkuat tulisan Ashley Montagu di dalam majalah Science Digest, yang menyebutkan, menangis tidak hanya berguna bagi kesehatanmu, tapi juga berguna untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan orang lain. Kita akan merasa lebih peduli dan merasa lebih dekat dengan teman yang pernah menangis di depanmu.

Dengan segala alasan ini, masih malu menangis? (Zee)