90 Rumah di Binuang Terendam

0
734 views
Personel BPBD Kabupaten Serang menyapa warga korban banjir di Desa Cakung, Kecamatan Binuang, Senin (2/3)

BINUANG – Sebanyak 90 rumah warga Desa Cakung, Kecamatan Binuang, kebanjiran. Hujan deras menyebabkan air Sungai Cidurian meluap dan merendam permukiman warga.

Pantauan Radar Banten, Senin (2/3) siang di Desa Cakung, Kecamatan Binuang, sejumlah personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang melakukan pendataan dan mengunjungi warga yang kebanjiran.

Royadi, seorang warga, menuturkan, hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Binuang sejak pukul 04.00 WIB. Satu jam kemudian air dari Sungai Cidurian meluap dan menggenangi permukiman warga. “Pagi-pagi rumah kami sudah terendam banjir,” kata Royadi kepada Radar Banten.

Menurut Royadi, wilayahnya setiap tahun sudah menjadi langganan banjir karena berlokasi dekat dengan bantaran Sungai Cidurian. Lantaran itu, warga tidak ada yang mengungsi dan memilih tetap bertahan di rumah masing-masing. “Sudah biasa kebanjiran warga di sini mah,” ujarnya.

Kepala Pelaksana Harian (Kalaksa) BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, ketinggian air yang menggenangi permukiman warga menjapai 30 sentimeter. “Sampai saat ini, pukul 20.30 WIB banjir belum surut,” katanya kepada Radar Banten melalui sambungan telepon seluler.

Nana mengaku sudah mengirim tim reaksi cepat (TRC) ke lokasi kejadian untuk terus memantau perkembangan banjir di Kecamatan Binuang. Pihaknya dibantu aparat kepolisian dan TNI, serta warga setempat dalam memastikan keselamatan warga. “Kami akan terus mendampingi warga,” tegasnya. (mg06/aas/ags)