92 Koperasi di Kabupaten Serang Tidak Aktif

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meninjau UMKM pada acara Hari Koperasi tingkat Kabupaten Serang di Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas, Selasa (13/8). Foto Rozak/Radar Banten

SERANG – Sebanyak 92 koperasi dari 716 koperasi di Kabupaten Serang tidak aktif. Puluhan koperasi tidak menyelenggarakan kewajiban pendirian usaha. Yakni, melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) dan menjalankan usaha.

Hal itu terungkap pada acara Peringatan Hari Koperasi tingkat Kabupaten Serang di lapangan Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas, Selasa (13/8). Acara dihadiri Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, Kapolres Serang Kota AKBP Firman Afandi, Dandim 0602/Serang Letkol Inf Erwin Agung, dan sejumlah pimpinan koperasi se-Kabupaten Serang.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Serang Abdul Wahid mengatakan, peringatan Hari Koperasi menjadi wadah silaturahmi seluruh koperasi. Selain itu, menyinergikan antara koperasi dengan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). “Koperasi ini kan menghimpun UMKM,” terangnya.

Diungkapkan Wahid, di Kabupaten Serang ada 716 Koperasi. Namun, hanya 35 persen di antaranya yang aktif. Koperasi lainnya kurang aktif dan tidak aktif. “Sebanyak 514 koperasi yang masih aktif. Sementara, 110 koperasi kurang aktif, sisanya 92 koperasi tidak aktif,” ungkapnya.

Kata Wahid, data 716 koperasi merupakan hasil perampingan data sebelumnya yang mencapai 1.200 koperasi se-Kabupaten Serang.

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta agar koperasi mengikuti perkembangan teknologi. Menurut Tatu, perkembangan teknologi sudah menjadi kebutuhan manusia. “Kalau tidak mengikuti perkembangan teknologi, bisa ketinggalan,” ujarnya.

Ia juga mengajak para pemuda bisa bergabung dalam koperasi. Tatu menilai, dalam kepengurusan koperasi membutuhkan regenerasi. “Kalau hanya yang tua-tua saja, khawatir enggak ada penerus,” pesan Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Banten itu. (jek/zai/ira)