95 Orang Berebut Jadi Anggota KPU Banten

SERANG – Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten merilis pendaftar calon anggota KPU Provinsi Banten. Ada 95 orang yang mendaftar seleksi lembaga penyelenggara pemilihan umum tersebut.

Ketua Timsel calon anggota KPU Banten Lili Romli menjelaskan, dari 95 orang yang mendaftar, 84 diantaranya adalah laki-laki dengan jenjang pendidikan S1, S2, dan S3.

“Cara penyampaian berkas, 82 orang diantar langsung, 8 orang melalui Kantor Pos, dan 5 orang melalui email,” kata Lili di Sekretariat Timsel di Ruko Sukses 2, Kota Serang, Senin (26/2).

Lili melanjutkan, dalam penelitian administrasi, timsel memperhatikan kelengkapan administrasi, kompetensi yang berkaitan dengan pengalaman kepemiluan, karya tulis, dan publikasi di bidang pemilu.

Kemudian, penilaian dalam penelitian administrasi, timsel melakukan pembobotan jenjang pendidikan, dan pengalaman organisasi.

“Peserta yang dinyatakan lulus penelitian administrasi akan diumumkan melalui media massa dan website KPU Banten pada 28 Februari 2018 mendatang,” ujarnya.

Masih dijelaskan Lili, sesuai dengan ketentuan PKPU Nomor 7 tahun 2018, peserta yang akan dinyatakan lulus tahap administrasi hanya 60 orang. “Peserta yang lulus tahap administrasi berhak untuk mengikuti tes tertulis pada 7 Maret 2018,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Timsel calon anggota KPU Banten Tri Sulistyowati menambahkan, timsel berharap masyarakat memberikan masukan dan tanggapan terhadap nama-nama yang dinyatakan lulus seleksi administrasi terkait integritas calon.

“Masukan dan tanggapan disampaikan secara tertulis yang ditujukan kepada tim seleksi calon anggota KPU Banten,” paparnya.

Masukan dari masyarakat diperlukan mengingat timsel memiliki keterbatasan dalam menelusuri rekam jejak serta integritas calon anggota yang telah mendaftar. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)