CILEGON – Pemkot Cilegon menetapkan nama Aat Rusli sebagai nama Jalan Lingkar Selatan (JLS) yang menghubungkan Kecamatan Cibeber, Citangkil, dan Ciwandan.

Penetepan nama itu diumumkan oleh Walikota Cilegon Edi Ariadi pada Riung Mumpulung Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kota Cilegon, Sabtu (27/4). Dalam kesempatan itu Edi menandatangani surat keputusan nama jalan tersebut.

Nama Aat Rusli diambil dari nama depan mantan pasangan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon periode 2005-2010 yaitu Tb Aat Syafa’at dan Rusli Ridwan. Penggunaan kedua nama mantan kepala daerah itu dilakukan untuk menghormati jasa keduanya selama menjadi kepala daerah.

Walikota Cilegon Edi Ariadi usai rapat paripurna HUT ke-20 Kota Cilegon di gedung DPRD Kota Cilegon menjelaskan, Tb Aat Syafa’at dan Rusli Ridwan merupakan sosok yang mempunyai kontribusi besar pada pembangunan di Kota Cilegon.

Menurutnya, keduanya telah mencurahkan segenap tenaga, pikiran, dan waktunya guna membangun Kota Cilegon. “Pembangunan Kota Cilegon hari ini tidak terlepas dari kontribusi kepala daerah sebelumnya, termasuk Pak Aat dan Pak Rusli,” ujar Edi, Sabtu (27/4).

Kata Edi, Aat sendiri digelari Bapak Pembangunan Kota Cilegon oleh masyarakat. Karena itu sudah selayaknya pemerintah mengapresiasi serta menghormati jasanya dengan menjadikan nama sebuah jalan.

Ia melanjutkan, jalan sepanjang 9 kilometer itu efektif digunakan pada tahun 2011 lalu, namu belum memiliki nama. Pemerintah, kalangan industri, maupun masyarakat memanggil jalan itu dengan singkatan JLS saja. “Sekarang di momen spesial kita berika  nama, kita sahkan,” papar Edi.

Selain memberikan nama untuk jalan JLS, Pemkot Cilegon mengumumkan nama untuk jalan akses di Bonakarta yang sedang dibangun. Jalan yang menghubungkan jalan protokol hingga Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang itu diberinama Jalan Gwangyang.

Gwangyang merupakan nama salah satu Kota di Korea Selatan. Pemberian nama itu merupakan bukti hubungan baik antara Kota Cilegon dengan Korea Selatan. “Di Korea juga nanti mau ada jalan namanya Cilegon Road, jalan Cilegon,” ujarnya. (Bayu Mulyana)