Abaikan Rekomendasi dan Rekrut Karyawan Baru, PT AWN Digeruduk Buruh

Pekerja PT AWN saat melakukan aksi unjuk rasa
Pekerja PT AWN saat melakukan aksi unjuk rasa

CILEGON – Hujan deras yang mengguyur tak menghalangi puluhan buruh PT Aditya Wahana Nusa (AWN), melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Walikota Cilegon. Unjuk rasa ini merupakan aksi yang kesekian kalinya dilakukan oleh mayoritas sopir perusahaan terminal aspal curah tersebut. Koordinator aksi, Deni Gunawan mengatakan, aksi itu menyusul diabaikannya sejumlah rekomendari dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Cilegon oleh pihak perusahaan.

“Tidak ada tindak lanjut dari rekomendasi itu. Sebaliknya perusahaan malah melakukan aksi balas dendam dengan cara mem-PHK seluruh karyawan di luar prosedural,” ujarnya di sela aksi, Selasa (9/2/2016).

Sekretaris DPD Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan (FSPKEP) Banten ini menambahkan, perusahaan saat ini justru merekrut pekerja dan sopir-sopir baru sebagai pengganti pekerja yang saat ini masih melakukan aksi mogok kerja. “Seharusnya ini mendapatkan perhatian dari Disnaker. Selama aksi mogok kerja masih berlangsung, perusahaan dilarang mengganti dan merekrut pekerja baru lagi. Jadi, persoalan yang lama belum selesai, sudah muncul persoalan baru lagi,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, kalangan buruh menuntu adaya realisasi kesejahteraan yang diperoleh melalui sejumlah tuntutan, antara lain yakni dijalankannya UMK, BPJS, status kerja, dan perusahaan mencabut PHK sepihak. Hingga berita ini diturunkan, belum ada mediasi dan aksi masih terus berlangsung. (Devi Krisna)