Ada 180 Warga Binaan Lapas Klas IIA Serang yang Miliki Hak Pilih

SERANG – Sebanyak 180 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Serang, terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan menggunakan hak suaranya pada Pilkada Kota Serang Juni mendatang.

Kasubag Program dan Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang Kuswanto mengatakan warga binaan ini harus diakomodir, jangan sampai hak pilihnya diabaikan.

“KPU sebelumnya juga berkoordinasi dengan warga binaan. Ini untuk mengurangi adanya golput. Warga binaan ini memiliki hak politik untuk memilih,” kata dia usai sosialisasi di Lapas Klas IIA Serang, Kota Serang, Senin (12/3).

Ia melihat, respon dari warga binaan sangat antusias untuk memilih. Terbukti, ketika peserta yang diundang pada sosialisasi Pilkada Kota Serang sebanyak 108 peserta, namun yang menghadiri lebih dari undangan yang diberikan KPU. “Para pemilih ini, artinya reaksi dan respon mereka sangat antusias,” tuturnya.

Agar warga binaan bisa menggunakan hak pilihnya, KPU Kota Serang akan menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus untuk warga binaan.

Kasi Bina Dik Lapas Klas IIA Serang Uus Sunandar mengatakan warga binaan di Lapas Klas IIA Serang terdapat 180 DPT. Namun, ia akan memutakhirkan kembali seminggu sebelum menentukan hak pilihnya pada 27 Juni mendatang.

“180 orang ini kan memang warga Kota Serang. TPS biasanya di sini. Secara pengamanan kami akan bantu sesuai dengan standar operasional pengamanan, bersama KPU juga,” terangnya, Senin (12/3).

Uus mengapresiasi langkah KPU Kota Serang yang melakukan sosialisasi kepada warga binaannya. Ia optimistis, 90 persen masyarakat di Lapas akan menggunakan hak pilihnya. “Kami maksimalkan lagi supaya 100 persen. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com)