Ada Kejutan Spesial dari Suporter Indonesia di Final Piala AFF 2016

0
984 views
ILUSTRASI: Suporter Timnas Indonesia membentangkan bendera merah putih raksasa. FOTO: Irawan/JawaPos.com

AKAN ada pemandangan spesial di Stadion Pakansari saat Timnas Indonesia menghadapi Thailand pada duel leg pertama final Piala AFF 2016 Rabu (14/12). Bendera merah putih raksasa rencananya akan terbentang menutupi sebagian besar tribune stadion. Konon, ini menjadi bendera terbesar yang pernah terbentang di dalam stadion di Indonesia.

Tribune stadion berkapasitas 30 ribu penonton itu bakal dikelilingi dengan bendera merah putih yang diberi nama Oson Oson (One Soul One Nation), yang maksudnya satu jiwa satu bangsa dari suporter untuk Indonesia. Hal itu sebagai bentuk dukungan yang diberikan suporter untuk Timnas Indonesia.

Permintaan suporter Indonesia untuk membentangkan bendera raksasa ternyata mendapat sambutan positif dari Ketua Umum PSSI Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi. Nantinya, bendera merah putih milik suporter yang masing-masing berukuran 110×24 meter untuk tribune timur, tribune utara, dan tribune selatan, akan digabung dengan milik TNI yang berukuran 100×6 meter.

“Saat ini kami belum tahu mekanisme untuk masuk karena belum ada kejelasan soal tiket. Baru 30 tiket kami dapat untuk pengibar bendera. Kami akan tunggu sampai sore tapi tetap bersiap-siap,” kata Budi Semar, koordinator suporter Indonesia.

Rencananya, pembentangan bendera itu akan menuntup sebagian besar tribune dan membutuhkan setidaknya 2 ribu orang. Demi melancarkan misi, para suporter pun sudah melakukan geladi kotor pada Selasa (13/12) dan geladi bersih saat pagi hari jelang pertandingan.

“Kesulitan tentu dalam hal tiket. Pengibar yang sudah terlatih kan gak bisa dapat tiket (di lokasi sesuai) jadi melatih suporter lain yang dapat tiket dan siap hari ini,” bilang Harie Pandiono Paimin, suporter asal Malang.

“Berharap Indonesia menang, pengibaran khidmat. Saat nyanyi lagu kebangsaan semua suporter khidmat dan hormat terhadap lagu bangsa kita dan mampu menambah motivasi Timnas. Selain bangsa Indonesia terangkat harkat dan martabatnya di mata suporter Asia lainnya,” lanjut dia.

Timnas Indonesia menghadapi Thailand dalam leg pertama Final Piala AFF 2016. Sayangnya, Stadion Pakansari sebagai arena final hanya berkapasitas 30 ribu. Padahal, antusiasme masyarakat sangat besar. Namun, hambatan itu ternyata tak menyurutkan antusiasme para suporter untuk memberi dukungan dengan berbagai cara. (ira/JPG)