Ada Mak Lampir di Rumah Jidan (Bag 1)

Love Story

Love Story
Ilustrasi Love Story (Dok: RB)

Para istri di rumah, ada imbauan dari Jidan (45), nama samaran. Jangan coba-coba belajar ilmu gaib di sela-sela waktu sebagai ibu rumah tangga. Selain menyesatkan, juga mampu membuat depresi hingga paranoid. Tentu hal ini akan membuat rumah tangga menjadi buyar, seperti yang terjadi pada rumah tangga Jidan.

Warga Citeras, Kabupaten Lebak, ini telah melalui masa sulit saat berumah tangga dengan Mawar (43), nama samaran istri Jidan. Sebab selama berumah tangga, Jidan merasa seperti hidup bersama seorang penyihir. “Istri saya berubah, entah bagaimana saya harus menggambarkannya. Tapi kalau tahu nenek lampir, nah Mawar jadi seperti itu,” katanya.

Setiap kali pulang, Mawar tidak pernah jauh dari kendi kecil berisi menyan yang tengah dibakar. Rumah Jidan pun berubah seperti rumah dukun, padahal Mawar bukanlah seorang dukun. “Mau masuk rumah, di atas pintu ada bawang putih menggantung. Lalu di setiap tembok ada beberapa tulisan arab gundul yang saya sendiri tidak paham. Dia juga punya tempat khusus untuk bakar dupa, menyan, dan sebagainya,” ujarnya.

Selain dari keanehan itu, Mawar pun menjadi pemarah, mudah curiga, serta tidak pernah percaya lagi dengan kata-kata suaminya. Akhirnya pertengkaran demi pertengkaran terus terjadi, sehingga membuat rumah tangga mereka berantakan. “Rumah tangga kami tidak nyaman lagi. Makanya saya memilih pisah,” katanya.

Persoalan ini, menurut Jidan, terpicu karena ia dan Mawar tidak pernah dianugerahi momongan alias anak. Ini membuat Mawar berubah jadi paranoid dan juga penggila mistik. Lalu di mana korelasinya antara tidak punya anak dan penggila mistik? Mawar pernah frustasi dan sering mendatangi dukun agar bisa mengandung anak. “Dulu, belasan tahun lalu, saya pernah ajak Mawar ke beberapa dukun. Waktu itu kami ingin sekali punya anak. Tapi saya berhenti percaya dukun, sebab Mawar tidak pernah hamil,” terangnya.

Ketika kepercayaan Jidan luntur kepada dukun, Mawar berbeda. Ia masih mempercayai sejumlah dukun yang pernah didatangi. “Mawar sudah kena hasutan dukun-dukun itu. Mereka telah membuat Mawar percaya dengan semua kata-katanya,” jelasnya.

Bertahun-tahun lamanya, Mawar sering bolak-balik rumah dukun. Ia tidak lagi ingin berobat, namun mempelajari ilmu perdukunan. Entah apa yang menyebabkan Mawar ingin belajar mistik. Jidan sampai tidak mampu melarang mantan istrinya itu belajar perdukunan. “Awalnya saya tidak tahu, tapi teman bilang, kalau Mawar sedang jadi murid salah satu dukun. Makanya saya coba larang Mawar, tapi dia malah tidak mau dengar,” ujarnya.

Pertengkaran besar terjadi lantaran persoalan tersebut. Jidan dan Mawar sampai hilang komunikasi akibat tidak adanya titik temu di setiap pertengkaran. “Sempat saya diamkan satu bulan, tapi Mawar tetap lanjut belajar mistik,” terangnya.

Lama-kelamaan, Jidan mencoba memahami Mawar. Mungkin belajar mistik membuat Mawar lupa akan kesedihan tidak memiliki momongan. Karenanya Jidan mengalah, ia mengizinkan istrinya belajar ke dukun-dukun. Sayangnya langkah Jidan ternyata salah, gara-gara itu Mawar menjadi semakin menggila. Bersambung…