Ada Polisi Bersepeda, WH Berharap Layanan Lebih Baik

0
316

SERANG – Gubernur Banten Wahidin mengapresiasi adanya polisi bersepeda yang digagas Kepolisian Daerah (Polda) Banten. WH pun berharap dengan adanya gerakan baru tersebut layanan kepolisian kepada masyarakat Banten akan lebih baik.

Hal tersebut diungkapkan WH saat menerima kunjungan polisi bersepeda di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten.

“Dengan mendatangi masyarakat dengan menggunakan sepeda, maka akan memperkenalkan tugas dan fungsi polisi secara langsung kepada masyaraat,” ujar WH kepada awak media, Senin (9/10).

Kepada tim yang diisi oleh polisi wanita (Polwan) tersebut, WH meminta tim tersebut agar bisa melakukan usaha preventif dan pendekatan kepada masyaraat. Selain itu, tim ini juga bisa menyambung silaturahmi warga yang tinggal di komplek perumahan yang kurang bermasyarakat.

“Warga yang tinggal di perumahan biasanya disibukan dengan dunia kerja, dengan adanya tim ini yang masuk ke perumahan bisa mencegah aksi keriminalitas, sosialisasi mengenai hukum, mengajak menjaga kebersihan dan mempererat tali silaturhami,” kata WH.

Sementara itu, Paniturjawali Polda Banten IPDA Fauziatul Adfina menjelaskan, pola patroli menggunakan sepeda ini baru berlaku selama satu bulan.

“Karena masih baru, baru ada 10 unit yang disiapkan,” kata Fina.

Dijelaksannya, patroli menggunakan sepeda ini dilakukan di daerah-daerah pemukiman masyarakat dan pusat keramaian yang dekat dengan Polda Banten.

Patroli ini ada untuk membuat masyarakat lebih dekat dengan kepolisian dan membuat masyarakat merasa lebih aman. “Nanti kita bisa mampir ke sekolah, menyapa masyarakat secara langsung, dan hal lain yang bisa membuat masyarakat lebih dekat dengan polisi,” kata Fina.

Setelah patroli, dilanjutkan Fina, petugas yang semuanya adalah wanita akan langsung membuat laporan lingkungan sekitar yang dilalui saat patroli.

“Setiap dua jam kita membuat laporan, apa saja yang terjadi,” katanya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)