Ada Riung Mungpulung, Jalan Depan Kantor Walikota Cilegon Macet

SERANG – Hajatan besar Kota Cilegon dalam memperingati hari jadinya yang ke-18 tahun, benar-benar membuat semua pandangan mata warga terbelalak. Pasalnya, sejak pembukaan Riung Mungpulung HUT Kota Cilegon ke-18 yang digelar di halaman Kantor Walikota Cilegon pada pukul 08.00 WIB, sudah sedikit mengganggu akses jalan sepanjang Kota Cilegon.

Pantauan Radar Banten Online, terlihat kemacetan yang lumayan panjang sekitar 200 meter dari bundaran Landmark Kota Cilegon hingga wilayah Kantor Walikota Cilegon dan DPRD Cilegon.

Anah, salah satu warga mengaku, tidak terganggu dengan tersendatnya arus lalu lintas hari ini, karena ini merupakan event tahunan masyarakat Cilegon.

“Ya enggak apa-apa, toh macetnya juga bukan karena demo, tapi karena ramainya acara HUT Cilegon. Alhamdulillah semakin tahun semakin ramai kalau saya perhatikan,” katanya, Kamis (27/4).

Berbeda dengan Anah, Andi mengeluhkan kurangnya lahan parkir di lingkungan Pemkot Cilegon, sehingga banyak kendaraan tamu undangan yang menggunakan badan jalan untuk memarkir kendaraannya yang mayoritas kendaraan roda empat.

“Ya harusnya bisa dialihkan ke Lapangan Sumampir, penyebab macet kan karena separuh jalan untuk parkir,” katanya.

Ia mengeluhkan, meskipun event itu akan dilakukan rutin setahun sekali bakal menarik banyak pengunjung dan banyaknya tamu undangan, seharusnya dipersiapkan terlebih dahulu khususnya lahan parkir agar tidak menganggu jalannya aktivitas warga Cilegon. (Wirda Garizahaq/risawirda@gmail.com)