Ada Taman Bunga di RT 05 Kerasikan Sabrang

CURUG – RT 05 RW 02, Lingkungan Kerasikan Sabrang, Kelurahan Curugmanis, Kecamatan Curug, telah berubah. Warga bersama pemuda telah menyulap lahan kosong menjadi taman bunga yang cukup indah.

“Awalnya, di lahan kosong itu ada gubuk warga. Tapi sama pemiliknya, boleh dirobohin dan lahannya dimanfaatkan untuk ruang terbuka hijau dan pos ronda. Jadi pos rondanya di dalam taman,” jelas Ketua RT 05 Sar’an pada Kamis (23/7) lalu.

Ia mengaku, saat penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, periode 4-15 Mei lalu, RT-nya telah banyak berubah. Pemagaran dan dekorasi lingkungan dengan pengecatan telah dilakukan.

Kini, warga telah menambah kampungnya dengan taman bunga. Di taman ini tak hanya ada pos ronda. Taman ini juga difungsikan sebagai area bermain anak.

“Awalnya, kami tidak ingin membuat taman. Tapi dalam musyawarah, warga sepakat membuat taman supaya lingkungan kami bisa lebih bagus lagi,” ungkap Sar’an.

Pembuatan taman bunga ini merupakan ide kreatif pemuda RT 05. Makanya, dalam pembuatannya, peran pemuda sangat besar.

“Tanaman di taman kami isinya bunga, sayuran, dan apotek hidup. (Lokasi menanamnya-red) beda tempat. Untungnya, kami punya banyak benih bunga, jadi tidak usah beli lagi. Sekarang sudah banyak yang mekar,” tutur Sar’an.

Wakil Ketua Pemuda RT 05 Kastu menambahkan bahwa taman bunga di RT-nya belum rampung. Masih perlu ditata lagi. Masih ada ide dari pemuda untuk mempervantik taman yang belum digarap.

“Kalau dibilang sudah selesai dibuat sih belum. Biasanya ada aja ide dari teman-teman (pemuda-red). Sekarang lagi bikin tulisan-tulisan untuk memperindah taman. Setelah itu, ditambah pernak-pernik lainnya,” beber Kastu.

“Warga sekarang senang karena lingkungannya jadi bagus. Pas musyawarah juga warga sepakat enggak tanggung-tanggung untuk penataan lingkungan. Kalau bagus, sekalian bagus. Sayang, kami enggak ada tempat yang luas,” tutup Kastu. (rio/don)