Ada Taman Lidah Buaya dan Kebun Binatang Mini di Sobong

MANCAK – Lingkungan RT 20 RW 004, Kampung Sobong, Desa Labuan, Kecamatan Mancak, lebih hijau dan berwarna. Anggapan ini disampaikan oleh tim 10 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang saat melakukan penilaian tahap kedua di kampung ini, Selasa (3/12).

Pantauan Radar Banten, perubahan Sobong karena keberadaan taman lidah buaya. Warga sengaja membuat taman kecil khusus untuk tanaman lidah buaya. Tanaman ini dimanfaatkan warga sebagai bahan dasar makanan dan minuman berupa puding dan jus dingin. Menu makanan dan minuman olahan ini menjadi sajian pembuka bagi tim juri. Tanaman bermacam jenis ikut menghijaukan Sobong

Tak kalah menarik, perkampungan ini memiliki kebun binatang mini. Warga menempatkan luwak, kucing, hingga burung di dalamnya.

Gapura kampung, pagar jalan dan pagar tiap rumah warga yang dicat dengan bermacam warga membuat suasana Sobong semarak. Perubahan perkampungan yang sekarang jauh lebih menarik ini tak lepas dari saran tim juri, saat penilaian tahap pertama, yang dipenuhi oleh Pemerintah Desa Labuan, pengurus lingkungan di RW 004, dan warganya.

Koordinator Tim 10 Juri LKBA Kabupaten Serang Dadi Hartadi mengatakan, penataan lingkungan dan kebersihan hingga inovasi itu menunjukkan warga Sobong sangat peduli dengan lingkungannya. “Ini kejutan bagi kita. Mereka (warga Sobong-red) bisa menghadirkan suasana kampung yang indah dan berwarna,” ujarnya.

Menurut Dadi, lingkungan Sobong bisa menjadi panutan bagi kampung-kampung lain di Kecamatan Mancak. “Saat penilaian pertama, (tim juri-red) tidak melihat penataan seperti ini. Masih belum banyak tempat sampah. (Sekarang-red) mereka sudah mampu memilah tempat sampah (organik dan non organik-red),” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Labuan Muhamad Jumadi mengatakan, perubahan lingkungan Sobong terjadi akibat penataan yang dilakukan warga sejak kedatangan tim juri saat penilaian tahap pertama. “Penataan yang kami lakukan seperti pemagaran, tanaman bunga, apotek hidup, jalan hias, hingga kebun binatang ini merupakan ide warga Sobong,” terangnya.

Ketua RW 004, Kampung Sobong, Uzer Ali membenarkan jika keindahan dan kebersihan di Sobong berkat kekompakan warganya. Warga mampu mengubah wajah Sobong dalam waktu sekira tiga minggu. “Semua dilakukan bersama, swadaya masyarakat. Tentu, kami berusaha mempertahankan kondisi ini,” pungkasnya. (fdr/don/ags)