Ada Tempat Cuci Tangan di Tiap Rumah RT 01 Cipocok Tegal

0
979 views

CIPOCOK JAYA – Rupanya, pelaksanaan protokol kesehatan penanganan pandemi virus corona menjadi perhatian warga RT 01 RW 015, Lingkungan Cipocok Tegal, Kelurahan/Kecamatan Cipocok Jaya. Di depan tiap rumah, warga diwajibkan menyediakan tempat cuci tangan.

“Penataan lingkungan kami sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Lingkungan yang tidak terlalu luas membuat penataan yang kami lakukan cukup sederhana. Di antaranya, penghijauan dan pengecatan. Serta, melengkapi setiap rumah dengan protokol kesehatan, minimal sarana cuci tangan,” jelas Ketua RT 01 Hasbullah pada Senin (27/7).

Sejak penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang, 4-15 Mei lalu, warga RT 01 disebutkan hanya melakukan perawatan hasil penataan lingkungan mereka. Warga belum bergerak lagi untuk membenahi kampungnya.

Kendati demikian, pengurus RT tengah mempersiapkan kelengkapan berkas administrasi untuk menghadapi penilaian tahap dua. Rencananya dilaksanakan awal Agustus 2020.

“Karena rata-rata warga sibuk, penataan lebih sering dilakukan malam hari ketika warga semua lowong,” ujar Hasbullah.

Menurut warga RT 01 Eliyah, penataan lingkungan di kampungnya tak hanya dilakukan oleh bapak-bapak dan pemuda. Ibu-ibu dan anak-anak pun ikut membantu.

“Alhamdulillah, warga di sini sangat kompak. Sekarang, kami tinggal terus merawat penghijauan yang sudah dilakukan sebelumnya,” jelasnya.

LRLA, diakui warga RT 01, telah mampu mengubah perilaku hidupnya. Warga mulai sadar pentingnya kebersihan. Saat ini, hanya sedikit warga yang masih membuang sampah sembarangan.

“Perubahan perilaku warga sudah terasa. Anak-anak saja, sekarang sudah enggak sebarangan membuang sampah,” tandas Mahfudi, warga RT 01. (rio/don)