SERANG – Kasubag Humas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Agustiar Halwany mengatakan, untuk memasuki perguruan tinggi negeri (PTN) termasuk Untirta tersedia tiga jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri.

“Untuk tahun ini ada tiga jalur masuk ke Untirta, yang masing-masing dengan jumlah penerimaan SNMPTN 50 persen, SBMPTN 30 persen, dan jalur mandiri 20 persen,” ungkap Agus kepada wartawan, Kamis (22/1/2015).

Dikatakan, dari ketiga jalur tersebut yang pertama dibuka yaitu SNMPTN. Ada dua cara mengikuti SNMPTN 2015, pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh sekolah dan Pendaftaran SNMPTN oleh siswa. Untuk PDSS pihak sekolah dan siswa melalui laman website http://pdss.sbmptn.ac.id. “Pihak sekolah mendapatkan dan menyerahkan password siswa kepada siswa untuk melakukan verifikasi, siswa dengan NISN dan password yang diberikan kepala sekolah melakukaan verifikasi nilai rapor yang diisikan kepala sekolah,” kata Agus.

Selanjutnya, kata Agus pendaftaran SNMPTN oleh siswa menggunakan NISN dan password pada saat login ke laman website http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran. “Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2015, 22 Januari – 8 Maret pengisian PDSS, 13 Februari – 15 Maret pendaftaran SNMPTN, 16 Maret – 8 Mei proses Seleksi, 9 Mei pengumuman hasil SNMPTN dan 9 Juni proses verifikasi atau daftar ulang di masing-masing PTN,” jelas Agus.

Agus mengungkapkan, bahwa tahun ini Kuota penerimaan mahasiswa baru di Untirta mencapai sekitar 4.000 mahasiswa, yang diperuntukkan bagi 38 Program Studi dari 6 Fakultas yang ada. (Fauzan Dardiri)