Ada Warga yang Belum Tahu Pilgub Banten, Ini Komentar Penjabat Gubernur

0
429 views
Penjabat Gubernur Banten Nata Irawan saat apel siaga Pilgub Banten 2017.

SERANG – Penjabat Gubernur Banten Nata Irawan angkat bicara terkait adanya sejumlah warga yang belum mengetahui adanya penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Banten tahun ini.

Ditemui setelah apel siaga Pilgub Banten 2017 di halaman Masjid Raya Al-Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang,  Kamis (9/2), Nata mengatakan hal tersebut mungkin saja terjadi di daerah-daerah pedalaman.  Namun dirinya menilai kerja penyelenggara pemilu dan pemerintahan sudah maksimal.

“Yang di pelosok mungkin saja,  tapi saya rasa kerja Dewan,  Bawaslu,  KPU,  eksekutif sudah maksimal,” ujar Nata kepada awak media.

Pernyataan adanya warga Banten yang belum mengetahui adanya pilgub keluar dari mulut Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah pada diskusi dan sosialisasi pilgub di rumah makan Kebon Kubil,  Cipocok Jaya,  Kota Serang, Rabu (8/2).

“Saya bicara bukan katanya,  tapi saya melihat langsung,” ujar Asep Rahmatullah kepada awak media pada acara yang digelar Pokja Wartawan Harian Cetak dan Elektronik Pilkada Banten 2017.

Menurut Asep,  kondisi itu menunjukkan sosialisasi Pilgub Banten tahun ini belum merata secara menyeluruh, khususnya daerah-daerah yang ada di pedalaman. Persoalan tersebut pun menurut Asep disebabkan oleh sistem yang yang tertera dalam Peraturan KPU.

“Karena sistem Pemilukada sekarang yang membatasi alat peraga,  karena jelas relawan A, B, C  yang ingin membuat alat peraga kampanye, namun dibatasi. Gimana coba,  ini kan bagian dari sosialisasi,” ujar Asep.

Karena itu,  menurut Asep, ke depan harus ada kajian ulang Peraturan KPU, khususnya alat peraga kampanye, sehingga masyarakat luas bisa ikut berperan menyosialisasikan pilkada.

Pemungutan suara Pilgub akan dilakukan 15 Februari 2017. Artinya hanya tinggal sepekan lagi puncak pesta demokrasi dilaksanakan. Sisa waktu tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan oleh pemerintah maupun penyelenggara pemilu untuk lebih gencar melakukan sosialisasi agar seluruh masyarakat mengetahui dan menggunakan haknya sebagai masyarakat Banten.  (Bayu)