Adde Rosi Ajak Warga Jaga Keutuhan NKRI

Adde Rosi Khoerunnisa

PANDEGLANG – Anggota Komisi III DPR RI Adde Rosi Khoerunnisa menerangkan, situasi keamanan di Indonesia kini mulai mengkhawatirkan. Sejumlah ancaman, kata dia, kini mulai terlihat, khususnya ancaman dari dalam dan ancaman dari luar.

Menurut Rosi, yang dimaksud dengan ancaman dari luar, di antaranya masalah perang dagang antara Amerika dengan China, terorisme, dan radikalisme. Sedangkan, yang dimaksud dengan ancaman dari dalam, yakni masih rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM), berkurangya Sumber Daya Alam (SDA) dan masalah teknologi atau hoax. “Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap bersatu, mari kita jaga bersama keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia-red),” kata Rosi dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang digelar di gedung DPD Partai Golkar Kabupaten Pandeglang, Jumat (29/11).

Hadir dalam acara ini, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pandeglang KH Hamdi Ma’ani, Ketua DPD Partai Golkar Gunawan, dan anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Pandeglang.

Rosi meyakinkan, bahwa tujuan hidup masyarakat Indonesia adalah menjaga keutuhan NKRI. Oleh karena itu, dia meminta, setiap warga mengetahui dan paham mengenai empat pilar kebangsaan, yang di dalamnya terdapat Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. “Di sini kita akan belajar empat pilar kebangsaan. Saya berharap, dengan memahami empat pilar tersebut, fondasi kebangsaan kita akan semakin kuat,” katanya.

Rosi menjelaskan, alasan penting dipahaminya empat pilar kebangsaan adalah untuk mencegah tindakan radikal yang dilakukan masyarakat. Seperti kasus penusukan terhadap Menkopolhukam Wiranto, di Alun-alun Kecamatan Menes, beberapa waktu lalu. “Saya tidak ingin masalah tersebut kembali terjadi. Karena tindakan itu sangat mencoreng, dan sangat merugikan masyarakat,” katanya.

Rosi berharap, pemahaman terhadap empat pilar tidak setengah-setengah. Pengetahuan tersebut, harus diikuti dengan perilaku yang baik diaplikasikan di lingkungan masyarakat. “Sikap ini penting, agar tercipta negara yang aman, nyaman dan sejahtera,” ungkapnya.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pandeglang Gunawan mendukung digelar sosialisasi empat pilar kebangsaan. Dia berharap, kegiatan itu dapat membentuk perilaku masyarakat yang taat dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan. “Kami di DPRD Pandeglang pun akan ikut serta menyosialisasikan empat pilar kebangsaan ini. Targetnya, terbentuk masyarakat yang cinta terhadap Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” katanya. (zis)