Dede Irawan Pimpin IKA Akuntansi Untirta

0
410 views

SERANG – Dede Irawan Hamzah pimpin Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Akuntansi Untirta periode 2018-2021. Dede akan dilantik secara resmi oleh Rektor Untirta Profesor Sholeh Hidayat di auditorium Untirta, Sabtu (3/8).

Dalam kepemimpinannya, Dede fokus pada penguatan internal organisasi dan penguatan jaringan melalui data base alumni akuntansi. Lalu, training akuntansi terapan untuk para alumni dan calon alumni.

Langkah tersebut dilakukan untuk mengurangi gap antara dunia pendidikan dengan dunia kerja. Tujuannya tercipta link and match kampus dan dunia kerja. “Kami akan bekerja sama dengan pihak sivitas akademika Untirta, terutama pihak jurusan akuntansi untuk menciptakan lulusan yang berkualitas dan profesional,” kata Dede kepada Radar Banten, di Kota Serang, Jumat (2/8).

Kata Dede, lulusan akuntansi Untirta juga tidak boleh lepas dari pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai wujud partisipasi pembangunan. Karenanya, kinerja ekonomi Banten 2018 yang mengalami peningkatan 5,9 persen atau lebih tinggi dari nasional sebesar 5,1 persen patut diapresiasi. Apalagi, peningkatan kinerja itu ditandai dengan penurunan ketimpangan ekonomi indeks gini ratio menjadi 0,367 di atas nasional sebesar 0,384.

“Angka ini merupakan indeks gini ratio terendah sejak 2010,” katanya.

Namun, capaian tidak boleh membuat Pemprov Banten berpuas diri. Menurut Ade, masih banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan, salah satunya tingginya tingkat pengangguran Banten. “Tingkat pengangguran di Banten 2018 sebesar 8,52 persen menjadi tertinggi secara nasional,” katanya.

Ketimpangan infrastruktur dan ekonomi Banten wilayah selatan dan utara juga menjadi masalah klasik yang belum selesai. Untuk itu, dibutuhkan akselerasi kebijakan ekonomi, terutama untuk mendorongnya penguatan sektor UMKM. “Sektor UMKM dapat membuka lapangan kerja tenaga kerja yang besar dan kami merasa ini sangat cocok dengan topografi Banten selatan yang merupakan kawasan pedesaan,” kata Dede.

Kata dia, era ekonomi digital menjadi peluang untuk memajukan sektor UMKM. “Sebagai bentuk dukungan kami untuk memajukan sektor UMKM kami akan membuat pelatihan pembuatan laporan keuangan untuk pelaku usaha mikro di Banten serta konsultasi jasa akuntansi untuk pelaku usaha mikro,” tuturnya. (ken/aas/ira)