Kedua tersangka saat dibekuk oleh Satreskrim Polsek Cibeber

CILEGON – Dua orang pelaku kejahatan spesialis rumah kosong yakni Irfan Affandi (26) dan Asep Saeful Bahri (22) mencuri dua ponsel dari sebuah rumah di Lingkungan Jerang Ilir, Kelurahan Karang Asem, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, belum lama ini. Tak pernah dibayangkan oleh keduanya, kalau ponsel yang mereka curi adalah telepon seluler milik Ahmad Jahuri (40), guru Irfan Affandi saat masih duduk di bangku salah satu madrasah aliyah.

“Yang mengambil handphone itu Saeful, saya yang nunjukin rumahnya (korban). Saya juga tidak tahu, kalau itu rumahnya Pak Ahmad,” ujar Irfan.

Pria dengan tato di sekujur tubuhnya ini menuturkan, aksi kejahatan itu dilakukan pada Senin (25/1/2016) malam lalu. Handphone milik gurunya itu diketahui saat keduanya melihat wajah korban yang tengah tertidur pulas saat itu. “Saya taunya waktu ngeliat dia (Ahmad Jahur-red) sedang tidur. Handphonenya sedang tergeletak di atas meja waktu itu,” katanya.

Kapolsek Cibeber AKP Muhammad Ridzky Salatun mengatakan, keduanya diringkus pada Kamis (28/1/2016) pagi setelah adanya laporan dari korban. “Dalam aksinya pelaku biasa menggunakan obeng dengan mencongkel jendela rumah korban. Sedikitnya sudah ada empat TKP dalam aksi mereka,” katanya.

Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan, dan diancam dengan kurungan penjara maksimal 7 tahun. “Dari tangan kedua pelaku kita berhasil mengamankan obeng, handphone dan motor yang biasa mereka gunakan untuk melakukan aksi,” jelasnya. (Devi Krisna)