Agar Pelayanan Nyaman, Kantor Desa Bantarpanjang Direnovasi

TANGERANG – Jaminan kenyamanan dan keamanan merupakan bukti kehadiran pemerintah di masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Bantarpanjang, Kecamatan Tigaraksa yang merenovasi kantornya. Tujuannya, agar bisa memberikan pelayanan yang baik dan nyaman.

Kepala Desa Bantarpanjang Jejen di kantornya Jumat (22/11) mengatakan, perbaikan kantor tersebut sudah dilakukan dua pekan lalu. Dan, kini masih dalam proses.

Jejen menuturkan, renovasi tersebut merupakan kali pertama sejak kantor tersebut dibangun sekira tahun 80-an. Sebelum direnovasi, kondisi kantor tersebut memprihatinkan. Langit-langitnya sudah rapuh.

“Kalau hujan sampai kebocoran, jadi bikin nggak nyaman masyarakat. Makanya kami coba renovasi, untuk membuat nyaman warga saat melakukan permohonan pelayanan administrasi kependudukan,” tuturnya.

Jejen menerangkan, renovasi tersebut dilakukan dengan memanfaatkan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) sebagai bentuk pembangunan infrastruktur.

“Bangunan yang direnovasi yakni atap kantor, ruang pelayanan, dan toilet. Diperkirakan rampung Desember nanti dan tahun baru sudah siap dengan tampilan baru,” terangnya.

Selain renovasi kantor, Jejen menambahkan, secara keseluruhan pembangunan infrastruktur fisik sudah mencapai sekira 70 sampai 80 persen berupa jalan lingkungan. Di antaranya pavingblock salah satunya di Kampung Namprak RT 01 RW 04 ukuran 2 x 130 meter dengan anggaran Rp57.712.900 dan hotmik di Kampung Cileles Lewisiku RT 03 RW 05 ukuran 2x 300 meter dengan anggaran Rp83.968.550 yang dilaksanakan secara swakelola.

Ke depan, tambah Jejen, berencana fokus menjalankan badan usaha milik desa (Bumdes). Yakni dengan merangkul berbagai usaha rumahan milik warga. Tujuannya, untuk membantu mengembangkan usaha tersebut, meningkatkan perekonomiannya dan membuka peluang kerja bagi masyarakatnya.

“Semoga, ke depan Desa Bantarpanjang lebih maju lagi. Bisa bersaing dengan desa lain tidak hanya di Kecamatan Tigaraksa, tapi juga di Kabupaten Tangerang,” harap Jejen, yang menjabat sejak 2015-2021 itu. (pem/rb)