Agung Hercules. Foto: Net

SERANG – Aktor yang juga penyanyi Indonesia, Agung Hercules, disebut akan turut meramaikan jalannya kirab obor Asian Games di Banten, pada Kamis (9/8). Pemerintah Provinsi Banten berharap kirab obor disambut dengan semarak.

Selain Agung Hercules, panita penyelenggara Asian Games, INASGOC, juga juga akan melibatkan atlet renang Indonesia Kevin Nasution dan Ketua BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara sebagai pembawa api obor yang didatangkan dari India itu.

Selain itu, tiga kota dan kabupaten, yakni Cilegon, Kabupaten Serang, dan Kota Serang akan mengerahkan ratusan pelajar SD, SMP, dan SMA untuk menempati titik lokasi yang akan dilewati oleh rombongan kirab. Begitu juga dari KONI Banten yang mengutus atlet-atletnya. Masyarakat umum diharapkan juga dapat berbaur.

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten Ai Dewi Suzanna mengaku telah mendengar kabar Agung Hercules akan meramaikan kirab obor Asian Games di Banten. “Iya, dari informasi yang saya terima dari tim lokal INASGOC. Selain Agung, Ketua BPK RI dan atlet renang Kevin Nasution juga akan datang” ujar Ai, saat dihubungi, Selasa (7/8).

Bukan hanya semarak penyambutan, keamanan turut menjadi perhatian utama. Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Provinsi Banten Komari mengatakan, memuluskan rangkaian kirab obor tersebut melibatkan seluruh peran dari lintas sektoral. Terlapor, dari Polda Banten akan mengerahkan sebanyak 350 personelnya.

Pengerahan ratusan personel tersebut dalam rangka menciptakan kondisi kelancaran dan keamanan pawai obor Asian Games di tiga kabupaten kota di Provinsi Banten. “Hasil rapat, Polda Banten mengerahkan 350 personel ditambah unsur Polres (Serang Kota, Serang Kabupaten dan Cilegon). Itu belum termasuk dari unsur TNI. Kami juga melibatkan Satpol PP. Unsur lain seperti BIN (Badan Intelijen Negara) juga mendukung,” katanya, usai mengikuti rapat finalisasi persiapan kirab obor Asian Games di aula kantor Dispora Banten, beberapa waktu lalu.

Kata Komari, Pemprov Banten menyambut rombongan kirab Asian Games hingga sampai Museum Negeri Banten, puncaknya terbatas pada pintu tol Serang. Rombongan kirab selanjutnya akan meneruskan perjalanan ke Jawa Barat.

“Dari sini (Pendopo Lama Gubernur) dilepas ke tol. Akan terus dikawal pengiringannya oleh Polda Banten sampai wilayah perbatasan dan akan diteruskan oleh Polda Metrojaya langsung menuju ke Cikampek dan sampai Karawang, Jawa Barat,” tuturnya (rbs/ibm/ira)