Agustus Kunjungan Wisatawan di Cilegon Diprediksi Melonjak, Ini Sebabnya

0
1.079 views

CILEGON – Kunjungan wisatawan dari luar daerah ke Kota Cilegon diprediksi akan melonjak pada Agustus mendatang. Hotel-hotel di Kota Cilegon dan sekitarnya juga akan kecipratan buah manis dari kunjungan wisatawan ini. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Cilegon Heri Mardiana kepada Radar Banten Online, Kamis (27/7).

Dikatakannya, wisatawan yang akan datang dipastikan dari 34 Provinsi di Indonesia. Hal itu menyusul dengan akan diselenggarakannya Festival Karawitan tingkat nasional. “Itukan sudah wisatawan. Yakin diluar kontingen pasti akan hadir, pendampingnya. Juga dari pemerintah provinsi masing-masing,” ujarnya.

Ia mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Pengusaha Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kota Cilegon dalam menyambut event nasional tersebut. “Mereka 5 malam di Cilegon. Pasti mereka tidur di Cilegon, kami harapkan mereka memilih hotel di Cilegon. Setiap kontingen dari provinsi rata-rata 8 orang yang dibiayai oleh kementerian,” katanya.

Dijelaskannya, dalam menyambut Festival Karawitan itu, pihaknya telah melakukan rapat finalisasi bersama dinas-dinas yang berkaitan. Termasuk Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Banten.

“Tempat sudah kita tetapkan di Jalan Jenderal Sudirman, depan Kantor Walikota. Pelaksanaannya tanggal 2 sampai 6. Di tanggal 2 para peserta kontingen karawitan se-Indonesia akan datang di Cilegon. Malamnya silaturahmi di rumah dinas walikota, tanggal 3 malam pembukaan, tanggal 5 malam penutupan,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)