AHASS Raih SQ Award

Bagian New Model & Service Publication (kanan) Heri CT saat menerima penghargaan

SERANG – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali berhasil meraih penghargaan tertinggi pada ajang Service Quality (SQ) Award 2019. Itu sebagai apresiasi terhadap kualitas layanan di Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Perolehan penghargaan pada kategori Diamond itu merupakan wujud komitmen jaringan AHASS untuk terus menemani konsumen dengan layanan purna jual terbaik di seluruh Indonesia.

General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso mengatakan, penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi dari masyarakat bagi komitmen tinggi setiap insan layanan purna jual Honda di seluruh Indonesia. Pencapaian itu semakin memicu jaringan AHASS untuk terus meningkatkan layanan terbaik kepada konsumen di seluruh Indonesia.

“Perkembangan pasar yang semakin beragam membuat kami harus dapat menyesuaikan dengan cepat dalam meningkatkan pelayanan di seluruh jaringan AHASS. Terima kasih atas kepercayaan konsumen terhadap pelayanan kami hingga mendapatkan penghargaan ini. Kami tidak akan pernah berhenti menemani konsumen dengan memberikan sepeda motor Honda yang terawat dengan baik melalui seluruh teknisi andal di AHASS,” katanya dikutip dari siaran pers.

Untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, AHM saat ini didukung lebih dari 1.750 showroom diler penjualan, 3.770 bengkel AHASS dengan sekira 19.000 teknisi terlatih dan berpengalaman, serta sekira 8.400 jaringan suku cadang yang siap melayani jutaan penggunaan sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Service Quality Award 2019 diselenggarakan oleh lembaga Carre-CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty) bekerja sama dengan majalah Service Excellence. Ajang penghargaan itu diberikan setelah penyelenggara melakukan survei kepada lebih dari 3.500 responden di empat kota besar di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Medan, dan Semarang) pada kurun waktu Januari-Maret 2019.

Survei dibentuk dari dua dimensi, yaitu Perceive Service Quality (PSQ) atau persepsi pelanggan terhadap kualitas servis yang mereka nikmati dan Perceived Service Value (PSV) atau persepsi pelanggan mengenai kesetaraan uang atau biaya yang mereka keluarkan dibandingkan servis yang mereka terima dan nikmati.

Penghargaan dibagi dua, yaitu Diamond, perusahaan yang mempunyai Service Quality Index (SQI) di atas 4.000 dan di atas rata-rata industrinya. Sedangkan jenis Award Gold diterima oleh perusahaan yang mempunyai SQI di atas 4.000, tetapi di bawah rata-rata industrinya atau mempunyai SQI di atas 3.500-3.999 dan di atas rata-rata industrinya. Untuk hasil  riset tahun ini, layanan AHASS berhasil mendapatkan SQ Award 2019 kategori Diamond dengan hasil penilaian yang terus meningkat dibanding tahun lalu dengan nilai 4,1195. (skn/aas/ira)