Aih.. Canggih Bener! Ada Pot Bisa Siram Tanaman Sendiri

Net. ILUSTRASI
Net. ILUSTRASI

PRODUK gadget selama ini lebih banyak mencuat berkaitan dengan teknologi komunikasi dan wearable. Sedangkan yang berkaitan langsung dengan hortikultura masih sedikit. Bahkan bisa dibilang nyaris tidak ada.

Tetapi tidak demikian dengan salah satu peusahaan asal Prancis yang memperkenalkan Parrot Pot. Sesuai namanya, perangkat ini merupakan pot yang mampu menyirami bunga atau tanaman tanpa harus menunggu perintah majikannya. Loh kok bisa?

Parrot Pot memiliki tanki yang bisa menampung air hingga 2,2 liter. Air tersebut akan disemprotkan sesuai dengan jumlah yang diperlukan maupun kebutuhan tanaman. Sebab pot canggih ini sudah dilengkapi dengan irigasi otomatis yang sewaktu-waktu bisa menyiramkan air.

Satu lagi, Parrot Pot ini sudah terhubung dengan smartphone melalui konektivitas Bluetooth. Kita tidak perlu repot-repot setiap pagi dan sore mengontrol tanaman hanya untuk menyiramnya. Dengan mengisi air sebanyak 2,2 liter, tanaman dalam Parrot pot akan tetap segar hingga satu bulan ke depan.

Hebatnya lagi, pot ini bisa menyesuaikan penyiraman berdasarkan siklus tanaman tersebut. Selagi tanaman itu masih hidup, dia akan terus memantau perkembangan tanaman untuk menyesuaikan dengan jadwal penyiraman. Hebat!

Parrot pot ini memiliki empat macam sensor pada sisi-sisi pot. Fungsinya memonitor intensitas cahaya matahari, pupuk, suhu dan kelembaban tanah maupun sisa air yang terdapat pada tangkinya. Saat tanaman kurang pencahayaan matahari, Pot akan mengirim notifikasi ke smartphone melalui Bluetooth.

Dia meminta untuk memindahkannya ke tempat cukup dengan cahaya matahari. Perangkat ini bisa bekerja tanpa harus didampingi aplikasi melalui smartphone. Hebatnya lagi, aplikasi yang sudah dimiliki telah menyimpan informasi tentang lebih dari 8.000 jenis tanaman. Memungkinkan kita menyesuaikan cara merawat seoptimal mungkin. Perangkat canggih ini tertanam baterai AA sebagai sumber energinya.

Secara fisik, pot ini memiliki tinggi 29,8 cm dengan diameter di kisarakan 20,6 cm dan sanggup bertahan di bawah guyuran hujan. Soal harga, Parrot Pot mematok hanya USD 60 atau di kisaran Rp834 ribu. Harga yang terbilang murah untuk sebuah pot canggih ya? (JP/RBOnline)