Penyerahan piala juara umum MTQ XV Banten.

SERANG – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XV tingkat Provinsi Banten di KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, 16-19 April 2018, berhasil jadi juara umum. Bahkan ini juara umum keempat yang diraih secara beruntun.

Tiga gelas juara umum sebelumnya diperoleh pada MTQ tahun 2015 di Kabupaten Lebak, 2016 di Kota Serang, dan 2017 di Kabupaten Serang.

Walikota Tangsel Airin Rahmi Diany mengatakan, raihan juara umum yang diperoleh khafilah Tangsel buah dari pembinaan terhadap qari-qariah berjenjang. Selain tingkat kota, pembinaan dilakukan di tingkat kecamatan dan kelurahan. “Alhamdulillah, raihan (juara umum-red) ini memang sudah dipersiapkan sejak lama,” katanya  usai acara penutupan, Kamis (19/4) malam.

Kata dia, dengan hasil tersebut, ke depan diharapkan qari-qariah yang meraih juara akan terus diberikan pembinaan agar mampu memberikan yang terbaik pada gelaran MTQ nasional. “Pembinaan akan terus kami lakukan. Qari-qari juara diharapkan bisa mengharumkan Banten di nasional,” jelas perempuan yang akrab disapa Airin itu.

Juara umum keempat kalinya itu diperoleh berdasarkan keputusan Dewan Hakim MTQ XV Provinsi Banten nomor 07/DH-MTQ-XV/IV/2018. Hampir mendominasi juara di cabang-cabang yang dilombakan, Kota Tangsel meraih nilai 125, posisi kedua diraih oleh Kabupaten Serang dengan raihan nilai 111, ketiga Kabupaten Tangerang dengan nilai 97, keempat Kabupaten Pandeglang dengan nilai 58, kelima Kabupaten Lebak dengan nilai 20, keenam Kota Tangerang dengan nilai 19, ketujuh Kota Serang dengan nilai sepuluh, dan posisi juru kunci ditempati Kota Cilegon dengan nilai sembilan.

Gubernur Banten Wahidin mengatakan, keberhasilan Kota Tangsel sebagai juara umum merupakan yang keempat kalinya. Ia mengaku, para peserta yang berhasil meraih juara harus terus dilatih guna mempertahankan juara di perhelatan MTQ tingkat nasional. “Selamat kepada Kota Tangsel juara umum yang keempat,” ujarnya dalam sambutannya pada penutupan. (Fauzan/RBG)