Airin dan Arief Raih Natamukti Award 2019

TANGERANG – Kota Tangsel dan Kota Tangerang mendapat Natamukti Award 2019 dari Kementerian Koperasi bekerjasama dengan International Council For Small Business (ICSB) Indonesia dalam kegiatan Galang UMKM Indonesia 2019 di Bogor, Senin (7/10).

Founder & Chairman MarkPlus, Inc. yang juga Chairman ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya, menjelaskan, Natamukti Award terbagi menjadi tiga kategori, yakni Natamuti, Natamukti Nindya dan Natamukti Ganapravara.  

Setelah dilakukan penelitian, penghargaan Natamukti Ganapravara diraih Kota Banjarbaru, Kota Bogor, dan Kabupaten Bantaeng. Sementara, ada 11 kota yakni Balikpapan, Bandung, Bengkulu, Jakarta Timur, Jambi, Malang, Medan, Padang, Pontianak, Tangerang, Tangsel. Penghargaan diserahkan Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Rully Indrawan.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengungkapkan Pemkot Tangsel akan terus berkomitmen memajukan UMKM. ”Karena UMKM menjadi sektor yang mendorong laju pertumbuhan ekonomi daerah dan mampu menyerap tenaga kerja,” jelasnya

Airin menambahkan upaya yang dilakukan Pemkot Tangsel antara lain melalui peningkatan terhadap akses permodalan, pembinaan manajemen dan fasilitas promosi,” singkatnya.

Sementara, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengaku bersyukur atas capaian tersebut.  “Mudah-mudahan ini jadi motivasi buat pemerintah dan masyarakat Kota Tangerang, karena kita ingin menjadikan masyarakat Kota Tangerang lebih sejahtera,” katanya.

Menurut Arief, salah satu cara yang dilakukan Pemkot Tangerang dalam mengembangkan UKM yakni peningkatan kapasitas melalui pelatihan kepada pelaku usaha. Mulai dari proses produksi hingga pemasaran. Kata dia, saat ini UKM telah memasuki era digital dimana apapun dapat diakses secara online.

“Tentu kita ingin mendorong perekonomian, jadi UKM yang ada di Kota Tangerang harus terus berkreatifitas karena lihat teman-teman kabupaten atau kota yang lain juga terus berinovasi,” pungkas walikota dua periode ini. (one/asp)