Akhirnya, Warga RT 02 Kebonsawo Mau Gotong Royong

KASEMEN – Setelah sekian lama, warga RT 02 RW 01, Lingkungan Kebonsawo, Kelurahan Mesjidpriyayi, Kecamatan Kasemen, akhirnya mau bergerak. Mereka baru memulai persiapan menuju penilaian tahap dua sekaligus tahap akhir Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Kemarin pagi (28/8), belasan warga, termasuk ibu-ibu dan pemuda RT 02, melaksanakan kegiatan Jumat bersih yang sempat mati suri. Mereka membersihkan rumput liar dan sampah menggunakan peralatan seperti cangkul, sapu, dan gerobak.

Lurah Mesjidpriyayi Neneng Titin Kurnia tidak memungkiri jika persiapan RT 02 di LRLA terlambat. Saat menghadapi penilaian tahap pertama, warga RT ini membersihkan lingkungan. Setelah itu, tidak ada gotong royong lagi untuk persiapan menuju tahap akhir lomba. “Akhirnya, sekarang warga gotong royong lagi,” katanya.

Titin mengatakan, penyebab kegiatan Jumat bersih terhenti adalah karena kesibukan warga RT 02. “Susah sih, Kang (menyebut Radar Banten-red). Warga belum sepenuhnya kompak soal kebersihan,” keluhnya.

Namun, Titin terus berupaya menggerakkan warganya dengan mengadakan rapat bersama ketua RT terkait persiapan menghadapi LRLA. Ia memastikan, Sabtu (hari ini-red) dan Minggu (30/8), semua RT membenahi kampungnya.

“Waktunya tinggal beberapa hari doang, tapi insya Allah, diupayakan maksimal,” katanya.

Titin mengaku tidak kecewa dengan apa pun hasilnya nanti. Jika memang keenam RT di wilayahnya masih belum maksimal, ia menganggapnya sebagai bagian dari proses perubahan ke arah ayng lebih baik. Soalnya, untuk membuat kampung jadi bersih, indah, dan nyaman itu bukan hal mudah.

“Yang penting kami sudah berusaha,” tandas Titin.

Sementara itu, Ketua RT 02 Suhari mengaku, warga sebenarnya sudah membeli pot tanaman menggunakan dana stimulan dari Pemkot Serang saat penilaian tahap pertama. Namun, semua tanaman telah mati.

“Karena panas dan berdebu, tanaman pada mati,” ujarnya. (mg06/don)