Akses Jalan ke Pantai Bagedur Dibangun

Jalan masuk ke objek wisata Pantai Bagedur tepatnya di Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, dibangun dengan konstruksi paving block, Selasa (31/7).

MALINGPING – Akses jalan menuju objek wisata Pantai Bagedur tepatnya di Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, mulai dibangun. Jalan sepanjang 1,2 kilometer dan lebar enam meter itu dibangun dengan konstruksi paving block dengan anggaran Rp2,4 miliar.

Pembangunan jalan dengan konstruksi paving block terbagi dalam dua jalur, masing-masing memiliki panjang 1,2 kilometer dengan lebar masing-masing tiga meter. Pengerjaan proyek itu dibangun PT Bian Mutiara Internusa.

Pengelola objek wisata Pantai Bagedur Mumu Mahmudin mengatakan, pembangunan jalan yang menjadi akses menuju Pantai Bagedur sedang dibangun. Pekerjaan tersebut rencananya akan dilaksanakan dalam beberapa bulan ke depan. Targetnya, libur Tahun Baru 2019 jalan dapat digunakan wisatawan. “Sekarang, para pekerja sedang melakukan penataan jalan yang menjadi akses masuk ke Bagedur,” kata Mumu kepada Radar Banten, kemarin.

Dia mengaku, setiap hari memantau dan mengawasi pekerjaan penataan jalan akses masuk menuju Pantai Bagedur tersebut. Menurutnya, hingga saat ini, proses pekerjaan berjalan dengan baik. Bahkan, material yang digunakan sesuai spesifikasi proyek. “Jalan yang menjadi akses masuk ke Bagedur harus berkualitas. Sejauh ini pekerjaan jalan tidak asal-asalan, karenanya saya yakin hasilnya berkualitas,” terangnya.

Menurutnya, program penataan jalan menuju Bagedur merupakan bukti komitmen Pemkab Lebak terhadap pembangunan di bidang pariwisata. Selama ini, wisatawan kerap mengeluhkan kondisi jalan menuju lokasi wisata. Sekarang, perbaikan jalan terus dilakukan dan fasilitas pendukung di lokasi wisata ditambah pemerintah daerah.

“Saya mengapresiasi komitmen Pemkab Lebak terhadap pariwisata di daerah. Jadi, Bupati dan Wakil Bupati enggak hanya ngomong. Tapi dibuktikan dan sekarang bisa dilihat pekerjaannya di lapangan,” paparnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lebak Wawan Kuswanto membenarkan, jalan masuk ke Pantai Bagedur sedang dibangun dengan konstruksi paving block. Pelaksana proyek diharapkan tidak asal-asalan dalam melakukan kegiatan pembangunan jalan. Tujuannya, supaya hasil pembangunan jalan di Lebak berkualitas. “Infrastruktur jalan yang baik dan berkualitas menjadi idaman para wisatawan dan masyarakat. Karenanya, kita fokus lakukan perbaikan infrastruktur menuju kawasan wisata, sehingga destinasi wisata di Lebak ramai dikunjungi,” harapnya.

Tidak hanya membangun jalan masuk ke Bagedur, Pemkab Lebak juga telah menuntaskan pembangunan Jalan Rangkasbitung-Malingping sejak tahun lalu. Kini wisatawan dari Rangkasbitung dan daerah lain di Banten bisa cepat menjangkau objek wisata di Lebak Selatan. “Semoga ke depan objek wisata di Lebak ramai dikunjungi wisatawan, sehingga ekonomi masyarakat di Lebak bisa mengalami peningkatan,” katanya. (Mastur/RBG)