Aksi 1212 di Kota Serang: Dari Salat Subuh Berjamaah, Salat Gaib, Hingga Donasi Untuk Aceh

0
635 views
Ratusan umat muslim di Kota Serang mengikuti aksi 1212 dengan salat subuh berjamaah di Masjid Agunh Attsauroh, Kota Serang, Senin (12/12).

SERANG – Hari ini secara nasional, di seluruh daerah di Indonesia, masyarakat di Indonesia melakukan aksi damai 1212 dengan salat subuh berjamaah di masjid setiap daerah. Kota Serang menjadi salah satu daerah yang mengikuti aksi tersebut.

Untuk nengikuti aksi yang digelar dalam rangka memperkuat ukhuwah umat muslim tersebut, hari ini ratusan warga Kota Serang melakukan salat subuh akbar di Masjid Agung At Tsauroh Kota Serang, Senin(12/12). Tak seperti biasanya, kali ini jamaah subuh semakin banyak memenuhi masjid Agung Atsauroh.

Pantauan di lokasi, tepat pukul 04.15 WIB ratusan jamaah sudah berkumpul masjid kebanggaan di Kota Serang tersebut Mereka tampak khusuk dan antusias menyambut subuh akbar tersebut. Hampir ruangan utama masjid dipenuhi jamaah. Mulai dari anak, pemuda dan orang tua hadir mengikuti subuh akbar ini. Sementara  jamaah muslimat Kota Serang pun tak sedikit. Hampir sebagian ruangan lain  masjid agung dipenuhi jamaah wanita.

Usai salat subuh akbar, ratusan warga Kota Serang langsung melakukan salat gaib untuk korban meninggal akibat gempa Pidie Aceh. Kemudian pada kesempatan tersebut juga jamaah subuh akbar berinfak untuk korban gempa Pidie Aceh.

Wakil Wali Kota Serang Sulhi mengapresiasi atas kegiatan subuh akbar tersebut. Ia meminta pada pengurus DKM masjid Agung Attsauroh bisa menggelar rutin seminggu sekali subuh akbar digelar dipusatkan di masjid Agung Kota Serang.

“Kegiatan subuh akbar ini sangat inspiratif bagi umat muslim saat ini. Kami senang karena semakin banyak jamaah subuh yang hadir dan memenuhi ruangan masjid Agung ini. Banyak hal yang bisa dipelajari dari kegiatan subuh akbar ini, agar umat muslim bisa lebih baik dalam menjaga ibadahnya, sehingga dengan kegiatan ini muslim dan muslimat saling memperkuat tali persaudaraannya,” ujarnya mengisi sambutan  di hadapan jamaah usai menggelar solat subuh akbar.

“Mudah-mudahan ke depan subuh akbar terus dilakukan, minimal seminggu sekali dipusatkan di Masjid Agung Kota Serang ini. Karena dengan cara seperti ini, umat muslim Kota Serang semakin erat dan dekat, sehingga hal ini dapat menginspirasi dan menjadi teladan bagi daerah lain, agar umat muslim dapat memelihara ibadahnya lebih baik lagi. Selain kualitas iman kita meningkat tapi juga  persaudaraan sesama umat muslim semakin kuat dan kokoh,” ucapnya.

Masday, warga lingkungan Masjid Agung Attsauroh mengaku senang dengan kegiatan subuh akbar tersebut. Menurutnya kegiatan ini bisa memotivasi warga sekitar untuk bangun pada subuh.

“Saya kira hal ini penting dilakukan rutin. Alhamdulillah jamaah kali ini seperti salat Jumat, lumayan banyak dari hari biasanya. Sangat luar biasa kegiatan ini dapat menarik simpatik warga Serang untuk melakukan salat subuh berjamaah di Masjid Agung Kota Serang. Mereka rela datang ke sini, ada yang jalan kaki dan ada yang bawa rombongan menggunakan mobil membawa sanak keluarganya. Dan ini merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan tali persaudaraan sesama muslim,” ujarnya.

Untuk diketahui, setelah aksi 212 dengan menggelar salat Jumat berjamaah di Jakarta beberapa waktu lalu, muncul ajakan untuk menggelar aksi 1212. Bertepatan dengan momen kelahiran Nabi Muhammad SAW, dalam aksi ini umat muslim menggelar salat subuh berjamaah. (Adef)