Akun Instagram Mengatasnamakan BNPB Minta Sumbangan Dana

Beredar sebuah akun Instagram yang mengatasnamakan  “BNPB Provinsi”. Dalam akun itu tertera keterangan Akun BNPB Berbasis Menerima Bantuan Berupa Uang Tunai yang Donatur kasih kan di simpan buat uang Kas IndOnesia. Pada akun tersebut, pemilik akun mencantumkan nomor rekening BNI. Akun menggunakan logo BNPB dan tulisan @BNPBProvinsi.

Melalui akun Instagram resmi milik BNPB @bnpb_indonesia, dinyatakan bahwa akun tersebut adalah palsu. Sebab BNPB hanya memiliki satu akun Instagram resmi yaitu @bnpb_indonesia. Berikut keterangan resmi yang diberikan oleh BNPB:

#SahabatTangguh mimin mau mengingatkan, saat ini ada orang-orang yang memanfaatkan kondisi ini untuk mengambil keuntungan. BNPB tidak pernah menerima donatur melalui rekening pribadi atau perorangan. **
Adapun bantuan uang untuk transfer dalam negeri hanya melalui:

Bank BRI 0329 – 01 – 004314 – 30 – 6
Nama rekening: RPL 175 PDHL BNPB COVID-19 DN.
**
Tetap hati-hati dan waspada ya#SahabatTangguh

PENJELASAN

Menanggapi hoax mengatasnamakan @BNPBProvinsi, Kepala Pelaksana BPBD Banten Nana Suryana mengungkapkan, masyarakat harus waspada terkait informasi hoax yang viral di medsos terkait pandemi Covid-19. “Kami di BPBD Banten juga dikejutkan dengan adanya informasi hoax yang disebarkan akun Instagram @BNPBProvinsi. Meskipun akun palsu itu menggunakan logo BNPB bukan BPBD,” kata Nana kepada Radar Banten, kemarin.

Ia menambahkan, pemilik akun palsu yang mengatasnamakan @BNPBProvinsi itu sebenarnya tidak cerdas, sebab BNPB tidak ada di provinsi maupun kabupaten kota. “BNPB hanya ada satu di tingkat pusat, jadi itu pasti hoax. Dan akun @BNPBProvinsi itu palsu untuk melakukan penipuan,” tegasnya.

Secara resmi, lanjut Nana, BNPB telah memberikan bantahan terkait informasi yang disebarkan @BNPBProvinsi itu bohong. “Kami berharap tidak ada warga Banten yang tertipu akun tersebut. Kalau mau membantu penanganan covid bisa menyalurkan donasi ke lembaga resmi milik pemerintah atau relawan yang terpercaya,” harap Nana. (den/alt/ags)