Alam, Tema Utama Lukisan di RT 015

0
891 views

KASEMEN – Tembok-tembok di RT 015 Rw 05, Kelurahan Terumbu, Kecamatan Kasemen, dijadikan kanvas lukisan. Alam menjadi tema utamanya. Warganya bertekad, lukisan-lukisan bernuansa alam di perkampungan ini menjadi spot selfie.

Saat perkampungan di Lingkungan Puji ini dikunjungi Banten TV (grup Radar Banten), Selasa (14/4), beberapa lukisan telah rampung. Salah satunya, menggambarkan beberapa jenis ikan berikut biota laut lainnya. “Kanvasnya” adalah tembok salah satu rumah warga yang berada di pinggir jalan.

“Ada tiga titik yang sudah jadi pemandangan bawah laut,” terang Sofwani, Ketua RT 015.

Di sudut lain, beberapa pemuda tengah merampungkan lukisan di tembok pagar. Yakni, bunga-bunga mawar merah cerah yang baru setengah jadi.   

Tembok-tembok berukuran beras dengan lukisan bernuansa alam ini, diyakini Sofwani, bisa menarik perhatiakan warga. Dan diyakini menjadi spot warga untuk ber-selfie ria.

Di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, menurut Sofwani, RT 015 diproyeksikan menjadi lingkungan penuh warna dari sapuan kuas. Lingkungan yang bersih dan indah pun tidak ketinggalan menjadi tekad warga. 

“Sekarang sih masih fokus untuk pengecatan. Tapi, kerja bakti membersihkan selokan sudah rutin seminggu sekali. Warga juga dihimbau, setiap pagi dan sore membersihkan halaman rumahnya dari sampah,” ujarnya.

Hanya saja, pengelolaan sampah masih menjadi persoalan di RT 015. Perkampungan ini, ungkap Sofwani, belum dilengkapi tempat pembuangan sampah. Sehingga, warga kesulitan membuang sampahnya.

“Kendalanya tempat sampah terpadu. Sekarang, warga masih pakai cara dibakar,” jelasnya.

Agung Fredy, Kasi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemerintah Kelurahan Terumbu, membenarkan jika konsep penataan lingkungan RT 015 kampung warna-warni dan spot selfie. “Fokus di pengecatan karena kalau penghijauan, masih susah. Ketika rapat dengan RT pun, mereka menyampaikan hal itu, (kesulitan melakukan penghijauan-red0 karena masih banyak hewan ternak seperti kambing,” tuturnya. (rio/don)