Amirul Hajj Berpesan agar Jemaah Haji Disiplin dan Ikuti Aturan

JEDDAH – Amirul Hajj yang juga Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berpesan kepada jemaah haji Indonesia agar mematuhi dan disiplin dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi maupun Pemerintah Indonesia. Terutama soal aturan jam melempar jumrah yang telah ditetapkan.

Jemaah haji juga harus selalu berkoordinasi kepada petugas haji bila menemukan kendala-kendala terkait ibadah maupun terkait permasalahan lain.

Hal itu disampaikan Menag saat tiba di Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah, Minggu (20/8) malam. Dilansir dari Kemenag, Amirul Hajj tiba di bandara langsung menyapa jemaah haji kloter 47 Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 47) di Plasa B Bandara King Abdul Azis.

“Tahun ini adalah tahun terbanyak, tidak hanya Indonesia tapi seluruh dunia yang totalnya 2,1 juta jemaah haji dunia berkumpul. Untuk jemaah Indonesia tetap disiplin dan selalu berkoordinasi dengan petugas,” katanya.

Menag juga minta jemaah untuk selalu  menjaga kesehatan. Dengan suhu panas yang dapat mencapai 50 derajat saat puncak haji, diharapkan jemaah banyak minum air putih.

“Kalau keluar berpergian dalam kelompok, jangan sendiri-sendiri. Ini agar memudahkan koordinasi kita. Jemaah harus menjaga kesehatan, dengan pola hidup sehat.  Karena suhu panas sampai 48 derajat dan estimasi bisa sampai 50 derajat. Sehingga perbanyak minum air mineral,” katanya.

Amirul Hajj yang juga Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tiba di Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah, Minggu (20/8) malam. Menag Lukman datang bersama naib (wakil),  anggota, dan staf sekretariat Amirul Hajj.

Tampak menyambut kedatangan Amirul Hajj, Duta Besar RI Agus Maftuh Abegebriel dan Konsul Jenderal RI di Jeddah Mohamad Hery Saripudin.

Turut mendampingi, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali, Direktur Pelayanan Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Haji Khoirizi HD, Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Mastuki, Ketua PPIH Arab Saudi Ahmad Dumyathi Basori, dan Kadaker Bandara Arysad Hidayat. (Khoiron/Kemenag/Aas)