Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: JawaPos.com

JAKARTA – Pemimpin haji atau amirul hajj dari Indonesia berangkat hari ini. Delegasi amirul hajj ini nantinya yang akan memberikan bimbingan tahapan penyelenggaraan ibadah haji.

”Kami berangkat besok (hari ini-red) pukul 11.00 dari Bandara Soekarno Hatta. Sampai Arab Saudi kemungkinan sebelum magrib,” kata Menteri Agama Lukman Hakim, Jumat (10/8) di kantornya. Setelah tiba di Arab Saudi, rombongan akan menuju Makkah kemudian melaksanakan umrah.

Lukman juga berencana meninjau kesiapan untuk wukuf. ”Kami akan melakukan rapat koordinasi,” ucapnya.

Amirul hajj memiliki tiga tugas utama. Tugas yang pertama adlah melakukan koordinasi antar institusi. Selanjutnya, seorang amirul hajj memiliki tugas memberikan konsultasi atas masukan terkait persoalan di lapangan. Tugas terakhir melakukan kontrol terhadap petugas haji Indonesia agar bekerja secara baik.

Lukman ditunjuk sebagai amirul hajj dari Indonesia. Dia di damping oleh 13 orang lain. Dikatakannya, delegasi amirul hajj berasal dari mereka-mereka yang memiliki kompetensi dalam bimbingan dan konsultasi khususnya manasik haji dan rangkaian ibadah haji serta memberi masukan arahan terkait penyelengaraan ibadah haji secara umum. ”Delegasi amirul hajj dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 31 Agustus mendatang,” ucapnya.

Lukman menyatakan delegasi amirul hajj diharapkan dapat memberikan bimbingan. Delegasi amirul hajj, lanjut Menag, memiliki makna yang cukup penting dalam penyelengaraan ibadah haji karena tidak hanya merupakan tradisi para pendahulu. ”Memang diperlukan bagi jamaah dalam memberikan bimbingan dan konsultasi dari mereka-mereka yang kompeten,” ujarnya.

Sebelumnya, Kemenag sudah melakukan rapat dengan delegasi amirul hajj pada 2 Agustus lalu. Pertemuan tersebut dilaukan untuk menjabarkan gambaran umum terkait yang akan dilakukan selama berada di Arab Saudi. (jpg/alt)