ILUSTRASI. FOTO: Laman Safebee

Apakah Anda orangnya sering pelupa? Jika iya, itu pertanda kalau daya ingat otak Anda mulai menurun. Salah satu penyebabnya dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat, tekanan pekerjaan yang semakin meningkat dan faktor stres yang juga perlu diperhatikan sehingga memori otak menjadi menurun.

Untuk membantu meningkatkan daya ingat otak perlu dilakukan usaha. Dan salah satu cara yang baik adalah dengan menambahkan menu makanan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini makanan yang baik dikonsumsi untuk membantu tingkatkan memori Anda.

1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa antioksidan yang dikenal untuk memerangi peradangan dalam tubuh. Penelitian baru menunjukkan kunyit juga bisa melindungi memori, terutama ketika kelupaan terkait dengan kadar gula darah tinggi.

2. Bayam, kangkung atau sawi

Sayuran hijau gelap merupakan makanan super karena suatu alasan yakni mereka padat gizi yang berarti mereka memberikan lebih banyak nutrisi per forkful daripada kebanyakan makanan lainnya.

“Sayuran berdaun hijau bisa memperlambat penurunan kemampuan kognitif dan memori yang terjadi dengan seiring dengan bertambahnya usia,” kata epidemiologi, Martha Clare Morris, ScD, seperti dilansir laman Safebee, belum lama ini.

3. Kakao

Cocoa panas kaya senyawa antioksidan yang disebut flavonol, yang bisa membantu memperlambat hilangnya memori yang berkaitan dengan usia. Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan di Universitas Columbia menggunakan MRI dan tes memori untuk mengevaluasi efek dari flavonol kakao. Selama tiga bulan, para peserta studi yang berusia 50- 69 tahun dibagi menjadi dua kelompok.

Satu kelompok mengambil di 900 miligram per hari dari flavonol kakao melalui minuman khusus. Kelompok yang lain mendapat hanya 10 miligram per hari. Kelompok tinggi flavonol tidak hanya mencetak secara signifikan lebih baik pada tes memori, tetapi bagian dari otak mereka yang berhubungan dengan memori yakni dentate gyrus berfungsi lebih baik.

4. Berries

Berries meningkatkan kekuatan otak Anda. Penelitian hewan telah menunjukkan bahwa blueberry bisa membantu meningkatkan kesehatan otak berkat antosianin, flavonoid yang memberikan warna pada berries. Kini, sebuah studi baru yang disponsori oleh National Institute of Mental Health juga menyarankan bahwa berries/blueberry bisa melakukan hal yang sama untuk otak manusia.(fny/jpnn)