Andamui Tengah Bakal Hijau dan Berwarna

0
940 views

CURUG – Warga Lingkungan Andamui Tengah, RT 10 RW 01, Kelurahan Sukawana, Kecamatan Curug, telah menentukan konsep penataan lingkungan mereka. Seperti lingkungan lain, warga Andamui Tengah juga akan melakukan penghijauan dan pengecatan jalan.

Andamui Tengah memiliki jalan poros sekira 400 meter. Pada bagian depan, sekira 100 meter, kondisinya masih berbatu. Sementara, di permukiman warga, kondisi aspal jalan sudah bagus. Di kiri dan kanan jalan terdapat tanaman. “Nanti akan kita hijaukan lagi. Jalannya juga bakal kita cat,” kata Ketua RT 10 RW 01, Lingkungan Andamui Tengah, Junaedi kepada Radar Banten, Jumat (20/3).

Junaedi mengatakan, kegiatan gotong royong warganya membersihkan lingkungan dimulai pada Jumat (20/3) ini. Kegiatan selanjutnya, membuat gapura. “Pembuatan gapura kita mulai hari Minggu (22/3). Biasanya, pemudanya juga pada kumpul,” ujarnya.

Untuk penghijauan, Junaedi akan menanam 50 bibit pohon cabai dan tomat. Bibit pohon ini dibeli dengan yang hasil uang iuran warga. Nantinya, setiap pekarangan rumah warga akan mendapatkan dua bibit cabai dan tomat. “Jadi, nanti makin banyak tanaman yang bermanfaat buat ibu-ibu masak,” katanya.

Untuk mendekorasi jalan, warga berencana membuat lis di kanan dan kirinya dengan cat hitam dan putih. Para pemuda Andamui Tengah juga akan membuat lukisan tokoh film kartun di tengah jalan. “Urusan gambar jalan, saya serahkan ke pemuda. Biarin mereka berkreasi,” seru Junaedi.

Sementara, anggota bhabinkamtibmas Polsek Curug Brigpol N Ikhsan menjelaskan bahwa sistem keamanan lingkungan (siskamling) di Andamui Tengah masih berjalan. “Saya sering mantau. Di sini (Andamui Tengah-red) siskamlingnya aktif,” tandas Ikhsan.

Di Andamui Tengah, warganya aktif ronda malam. Setiap malam, ada 15 orang yang bertugas  menjaga keamanan lingkungannya. Tujuh orang berjaga di pos ronda di bagian depan kampung dan delapan orang lainnya di pos ronda di bagian belakang kampung.  Hal itu, diakui Ikhsan, berkat hasil koordinasi yang selalu terjaga dengan baik antara pengurus RT dengan kepolisian.

Hanya saja, menurut Ikhsan, kelompok pemuda sadar hukum di Andamui Tengah belum dibentuk dan disahkan.“Nanti saya koordinasi dengan Pak Lurah terkait legalitas ini,” pungkasnya. (mg06/don)