Andika Hazrumy Ingin Masyarakat Bisa Akses Langsung Pengelolaan Anggaran Daerah

CILEGON – Andika Hazrumy yang akan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten sebagai calon wakil gubernur dari pasangan Wahidin Halim (WH) dalam penyampaian visi misinya di Kongres Rakyat Banten (KRB), tidak jauh berbeda dengan penyampaian yang diberikan oleh pasangannya itu.

Yang mencolok adalah ungkapan usulannya yang telah diberikan kepada Wahidin Halim tentang gagasan adanya smart government yang dapat diakses secara luas oleh masyarakat melalui elektronik, yang berguna memantau secara langsung pengelolaan anggaran daerah. Agar pemerintah dalam menjalankan kebijakannya dapat berjalan secara transparan.

“Saya dengan Pak WH menggagas tentang smart government yang dapat diakses secara elektronik, agar masyarakat bisa melihat pengelolaan anggaran daerah untuk mengurangi permasalahan kebocoran anggaran, dan mengawal ketat jika adanya tindak korupsi,” ujar Andika, Rabu (10/8).

Lebih lanjut, Andika berkeinginan adanya perubahan fungsi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang dapat berkembang di setiap kecamatan di Provinsi Banten. “Saat ini akses pelayanan rawat inap bagi masyarakat masih banyak yang hanya ada di pusat kota, yaitu rumah sakit tapi belum melebar ke setiap kecamatan. Agar masyarakat dapat lebih mudah (mendapatkan pelayanan), kenapa kita tidak ingin meningkatkan Puskemas di setiap kecamatan? Dari yang masih menerima rawat jalan menjadi rawat inap,” ungkapnya.

Tak ketinggalan juga, Andika mengingatkan tentang pentingnya tiga kebutuhan pokok dasar bagi masyarakat yakni di sektor pendidikan, kesehatan, dan pembangunan infrastruktur. “Perda tentang percepatan pembangungan saat Ibu Ratu Atut Chosiyah menjadi Gubernur Banten sudah dirasakan oleh warga banten, itu harus dilanjutkan. Serta gagasan konkret ke depan langkah pembuatan sertifikasi lulusan SMK, agar dapat diterima bekerja di perusahaan Banten. Menyambut MEA, Pemprov Banten harus menyiapkan kesiapan masyarakat Banten,” katanya. (Riko)