Andika Kembali Pimpin Karang Taruna Banten

0
1.445 views

SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy kembali memimpin Karang Taruna Provinsi Banten untuk lima tahun ke depan. Andika dinilai berhasil memimpin Karang Taruna masa bakti 2015-2020, sehingga pengurus Karang Taruna Kabupaten/Kota sepakat memintanya menjadi Ketua Umum untuk periode kedua.

Hal itu terungkap dalam kegiatan Temu Karya Daerah (TKD) V Karang Taruna Banten yang dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, Selasa (15/12). Sebelum terpilih secara aklamasi, Andika menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus Karang Taruna Banten periode 2015-2020 disaksikan langsung Ketua Umum Karang Taruna Nasional Didik Mukrianto.

Ketua Karang Taruna Kota Serang, Habim Husnudin mengungkapkan, sebagai mitra kerja pemerintah dalam rangka menyuksekan setiap program pro rakyat, Karang Taruna Banten selama lima tahun telah melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai harapan masyarakat.

“Bung Andika Hazrumy telah terbukti berhasil mencetak kader-kader Karang Taruna di Banten selama masa kepemimpinannya. Untuk itu kami Karang Taruna Kota Serang mengajukan Bung Andika Hazrumy untuk kembali memimpin Karang Taruna Provinsi Banten periode 2020-2025,” kata Habim saat membacakan tanggapannya atas laporan pertanggungjawaban pengurus Karang Taruna Banten yang disampaikan Ketua Umum Andika Hazrumy.

Dukungan kepada Andika untuk kembali memimpin Karang Taruna Banten juga disampaikan pengurus Karang Taruna Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang. Kemudian Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Lebak. Pengurus delapan kabupaten/kota semuanya menerima laporan pertanggungjawan yang disampaikan Andika, dan memintanya kembali menjadi Ketua Umum periode 2020-2025.

Dalam laporan pertanggungjawabannya Andika mengatakan, pihaknya telah merancang program kerja yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Banten. Dibidang pendidikan, Karang Taruna Banten gencar melakukan sosialisasi dan kampanye tentang pentingnya Wajib Belajar 12 tahun terutama di daerah-daerah dengan tingkat pendidikan masyarakat masih rendah.

“Penyelenggaraan pengembangan sektor pendidikan telah kami rintis diantaranya melakukan Lomba Cerdas Cermat, Lomba Karya Tulis ilmiah, membina Rumah Baca dan pengoperasian Mobil Perpustakaan Keliling,” ujarnya.

Ia melanjutkan, selama kepemimpinannya, Karang Taruna Banten juga tidak pernah absen mengirim utusan dalam berbagai kegiatan pelatihan dan pemantapan baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta, di antaranya pelatihan bela negara yang bekerja sama dengan Korem 064 Maulana Yusuf, Pelatihan Budidaya perikanan dan pertanian serta pelatihan Kewirausahaan.

“Dalam program sosial, setiap tahun kita menggelar Bulan Bakti Karang Taruna untuk membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan,” bebernya.

Masih dikatakan Andika, buah dari upaya menggalakkan sektor kewirausahaan misalnya adalah dengan terpilihnya Karang Taruna Kelurahan Lebak Denok, Kota Cilegon sebagai 10 besar Karang Taruna terbaik tingkat nasional tahun 2018.

Usai terpilih secara aklamasi, Andika langsung dilantik oleh Ketua Umum Karang Taruna Nasional Didik Mukrianto disaksikan semua pengurus Karang Taruna dari delapan kabupaten/kota.

Usai dilantik, Andika mengaku bersyukur lantaran kembali dipercaya untuk memimpin Karang Taruna periode 2020-2025. “Temu Karya Daerah ini agendanya memang untuk pemilihan calon Ketua Umum periode 2020-2025, tapi  semua pengurus kabupaten/kota masih meminta saya untuk memimpin kembali. Semoga lima tahun ke depan Karang Taruna bisa lebih berkontribusi dalam mendukung pembangunan di daerah,” pungkasnya. (den/air)