SERANG – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten membaca ikrar dan renungan suci di kompleka Taman Makam Pahlawan Ciceri, Kota Serang, Kamis (17/8) dini hari. Ikrar setia kepada NKRI dan melanjutkan perjuangan para pahlawan kemerdekaan dipimpin oleh Komandan Korem 064 Maulana Yusuf Kolonel Infanteri Czi Ito Hediarto selaku inspektur upacara.

Dengan penerangan lokasi upacara yang hanya menggunakan obor dan lilin yang dipasang di setiap nisan, pembacaan ikrar berlangung dalam suasana khidmat. Dalam keremangan cahaya, ratusan peserta upacara yang sebagian besar anggota TNI dan Polri dari berbagai kesatuan tampak khusuk mendengarkan ikrar yang dibacakan.

“Wahai pahlawan-pahlawanku yang bersemayam di makam pahlawan ini, kami berdiri bersama di sini untuk menyampaikan padamu bahwa kami tetap memperjuangkan segala sesuatu yang dahulu engkau perjuangkan dengan ikhlas dan amanah. Yang kau impikan dan kau perjuangkan dahulu adalah impian kami dan perjuangan kami. Kami berikrar, bahwa kepada kaum muda dan penerus bangsa ini akan kami yakinkan dan kami ajak untuk menatap masa depan Indonesia sejalan dengan impianmu.”

Begitulah ikrar yang dibacakan malam itu.

Usai upacara, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengaku sangat tersentuh demi mendengar ikrar yang dibacakan Danrem saat upacara tersebut. Wagub pun berjanji akan berusaha segenap jiwa dan raga untuk memaksimalkan perannya bersama Gubernur Banten Wahidin Halim dalam melayani mayarakat Banten.

“Dalam konteks Banten, saya dan Pak Gubernur tentu akan berusaha sekuat tenaga menyejahterakan rakyat Banten. Untuk itu, kami juga memohon dukungan dan doa, agar kami, saya dan Pak Gubernur diberi kekuatan dalam menjalankan amanah sebagai kepala daerah yang bertugas melayani masyarakat,” paparnya.

Ditanya pers bagaimana dirinya memaknai kemerdekaan, Wagub mengatakan, kemerdekaan harus diisi dengan melanjutkan perjuangan para pahlawan yang saat berjuang memerdekakan bangsa ini memiliki tujuan ingin melihat bangsa Indonesia aman, tenteram, dan sentosa.

“Sebagai pelayan masyarakat, tentu saja saya memaknai kemerdekaan dengan bagaimana saya bisa melayani masyarakat sebaik-baiknya, dengan kewenangan dan perangkat yang saya dan Pak Gubernur miliki saat ini,” ujarnya.  (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)