Andika Panen Raya Bersama Petani di Sajira

0
598 views
Andika Hazrumy mengikuti panen raya yang digelar petani di Kecamatan Sajira.

LEBAK – Calon wakil hubernur (cawagub) Banten nomor urut 1, Andika Hazrumy, mengikuti panen raya yang digelar petani di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Selasa (6/11). Andika turun ke sawah dan menandai panen raya pertama dengan melakukan pemotongan padi di sawah milik kelompok masyarakat petani Sajira. Andika juga menggebot (merontokkan) padi ke alat tradisional yang dibuat warga hingga menjadi buliran gabah.

Menurut Andika, ke depan sejumlah area pertanian harus punya gudang atau lumpung padi. Hal itu agar harga gabah tetap stabil kala panen raya. “Petani bisa menyimpan gabah hasil panen dengan baik di gudang atau lumbung padi yang dibangun pemerintah. Menjadi kebiasaan, jika musim panen harga gabah turun dan tidak banyak menguntungkan petani. Selain itu, keberadaan tengkulak juga jangan sampai merugikan petani,” ujar Andika melalui siaran pers.

Andika yang berpasangan dengan calon gubernur Banten Wahidin Halim (WH) berjanji mengeluarkan kebijakan yang pro terhadap petani.

“Pasangan WH-Andika telah berkomitmen untuk mengeluarkan program yang pro petani. Selain kebijakan penetapan lahan pertanian produktif, kami juga akan mengawal alur produktivitas hasil pertanian,” ujar Andika.

Andika menegaskan, peralihan lahan pertanian menjadi permukiman yang terjadi secara besar-besaran harus disudahi. Menurutnya, menyusutnya lahan pertanian berdampak sistemik baik pada produktivitas hasil pertanian, tingkat kesejahteraan petani, maupun ketahanan pangan masyarakat Banten. “Provinsi Banten saatnya mengkaji penerapan sistem industri pertanian. Penerapan teknologi harus sudah bisa intens diterapkan,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Andika, sekarang Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Pertanian sudah berhasil mengembangkan benih unggulan teknologi padi Super yang bisa meningkatkan produksi dua kali lipat dari hasil panen biasa. (Aas)