SERANG – Anggota DPR RI Andika Hazrumy menyampaikan konsep transparansi anggaran pemerintah saat menjalani fit and proper test di DPD PDIP Banten, Minggu (3/4) sore tadi. Menurut Andika, transparansi anggaran adalah faktor fundamen untuk menuju pemerintahan yang akuntabel dan dipercaya oleh masyarakat.

“Ya, tadi saya sampaikan sejumlah pandangan kepada tim verifikasi. Ide mendasar saya soal pemerintahan adalah fokus dulu terhadap apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, yaitu akses terhadap pendidikan, kesehatan, dan memperbaiki infrastruktur,” ujar Andika seusai menjalani fit and proper test.

Namun memang, kata Andika, pengelolaan anggaran yang transparan bisa menjadi akselerator untuk mencapai tujuan tersebut. “Kepala daerah kan akan terbantu dalam menggunakan aggaran, karena publik juga bisa aktif ikut mengawal,” kata Andika.

Andika berharap dirinya sudah dianggap telah mempunyai komitmen dalam mengikuti seluruh proses penjaringan cagub dan cawagub di PDIP Banten. “Saya komitmen untuk juga mengikuti Sekolah Politik di DPP. Prinsipnya, saya akan mengikuti seluruh proses,” kata Andika.

Sepanjang hari ini, Tim Verifikasi dari DPD PDIP Banten menggelar fit and proper test bagi calon cagub dan cawagub yang telah mendaftar ke PDIP Banten. Mereka adalah Mantan Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman, Ketua Umum Kadin Banten Mulyadi Jayabaya, Walikota Serang Tb Haerul Jaman, dan Andika Hazrumy.(RB)