Andy Robertson Bek Kiri Paling Bernilai

HARGANYA hanya seperlima dari uang yang dibayarkan Real Madrid untuk menebus Ferland Mendy dari Olympique Lyon. Andy Robertson hanya berharga EUR9 juta (Rp145 miliar) saat dibeli Liverpool dari Hull City dua musim lalu. Tapi, Andy Robertson sudah menegaskan bahwa dia adalah bek kiri terbaik dunia.

Setidaknya itu seperti data dari lembaga observasi CIES, Kamis (13/6). CIES pun menempatkan Robertson sebagai bek keempat paling bernilai dunia musim lalu. Robbo, sapaan akrab Robertson, kalah dari dua rekan seklubnya (Trent Alexander-Arnold dan Virgil van Dijk). Plus bek tengah Manchester City, Aymeric Laporte.

Di antara keempat bek tersebut hanya Robertson yang bermain sebagai bek kiri. Data itu didapatkan CIES dari perhitungan skor performa pemain dalam lima liga elite Eropa. Selain itu, penampilan Robertson selama memperkuat The Reds, julukan Liverpool, ketika menjuarai Liga Champions juga diperhitungkan. Menurut CIES, nilai Robertson dapat mencapai EUR87,7 juta (Rp1,41 triliun).

Kapten Timnas Skotlandia itu tak ingin penampilannya hanya jadi sensasi semusim. Pada musim 2019-2020, bek 25 tahun itu juga berambisi kembali mengulangi kisah manisnya pada musim lalu. Meski, Sky Sports sebelumnya mengklaim dia akan absen dalam laga-laga pertama Liverpool di Premier League.

Hal itu setelah dia absen saat laga Kualifikasi Euro 2020 kontra Belgia (12/6). Robertson mengalami cedera hamstring yang diklaim membuatnya absen dua bulan. Dari akun Instagram-nya Robertson memberi kabar terkait dengan kondisinya. “Saya cuma butuh waktu beristirahat, mengembalikan kebugaran saya dan kembali bersiap melakukan segalanya untuk klub ataupun negara saya,” tulisnya dalam akun @andyrobertson94.

Melesatnya performa Robertson itu juga berdampak di timnas Skotlandia. Terutama bek-bek yang sama posisinya dengan Robertson. Kieran Tierney sama-sama berposisi bek kiri. Pada musim lalu, dia juga brilian bersama klubnya, Celtic FC. Musim panas ini, seperti yang diklaim Daily Express, Tierney bisa beradu dengan Robertson di Premier League.

Tierney digosipkan bakal mengikuti mantan pelatihnya di Celtic, Brendan Rodgers, yang  menukangi Leicester City. “Di timnas dia (Tierney) selalu dibandingkan satu sama lain (dengan Robertson). Musim lalu, dia melihat Robertson menjuarai Liga Champions, itu yang jadi faktor pengusiknya, saya takkan terkejut jika musim panas nanti Kieran pergi ke Inggris,” kata mantan penyerang timnas Skotlandia Kris Boyd, dikutip situs HITC. (jpg/ibm/ira)