Pertemuan perwakilan Kemenhub dengan Gubernur Rano Karno, Selasa (16/2).

SERANG – Staf Ahli Bidang Ekonomi Kawasan dan Kemitraan Kementerian Perhubungan Umiatun Hayati Triastuti mengungkapkan, anggaran proyek bidang perhubungan yang dibangun di wilayah Banten mencapai Rp1,379 triliun.

Hal tesebut diungkapkan saat pertemuan dengan Gubernur Banten Rano Karno di ruang kerja gubernur, Selasa (16/2/2016). Dana tersebut dibagi kedalam lima program. Program Ditjen Perhubungan Darat Rp 46,471 miliar, program Ditjen Perkretaapian Rp13,535 miliar, Ditjen Perhubungan Laut Rp 59,813 miliar, Ditjen Perhubungan Udara Rp 75,897 miliar, dan BPSDM Perhubungan Rp 1,184 triliun. Total anggaran Rp1,379 triliun.

Dengan dana tersebut, lanjut dia, ada 27 proyek di bidang perhubungan. Antara lain Pembangunan Balai Kalibrasi Fasilitasi Penerbangan, BP2IP Mauk, Bandara Budiarto, Balai Teknik Penerbangan, STPI Curug, dan BP3 Curug di wilayah Tangerang. Sedangkan di Kota Cilegon akan dilakukan pembangunan gedung kantor Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (OPP) Merak.

“Kita juga akan melanjutkan pembangunan jalur ganda kereta api antara Maja-Rangkasbitung sepanjang 3 kilometer. Selian itu akan ada subsidi operasi bus perintis bagi empat trayek serta perlengkapan jalan nasional di delapan ruas bagi Satker Perhubungan Darat Provinsi Banten. Kami mohon dukungan dan koordinasi daerah untuk mendukung semua program kegiatan ini,” harapnya. (Bayu)