Anggota Kodim 0601 Pandeglang Bangun Jalan

0
123

PANDEGLANG – Sepanjang 3,9 kilometer jalan Cimanggu-Cibitung dibangun anggota Kodim 0601 Pandeglang melalui kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD). Selain memudahkan akses, perbaikan jalan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Komandan Rayon Militer (Danramil) Cimanggu Kapten Infantri Effendi selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan, kegiatan yang dilakukan selama 30 hari (dari 28 September-28 Oktober) itu difokuskan untuk memperbaiki dan memperlebar ruas jalan Cimanggu-Cibitung guna memudahkan akses masyarakat. “Selain perbaikan, kita juga mengerjakan pelebaran jalan, panjangnya 3,9 kilometer, lebarnya jadi enam meter dari yang tadinya cuma tiga meter,” katanya, kemarin.

Dia meyakinkan, perbaikan jalan tersebut akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di perdesaan karena akses tersebut langsung menuju Pasar Cibaliung. “Tujuannya untuk memudahkan akses masyarakat dan meningkatkan perekonomian masyarakat karena bisa digunakan untuk mengangkut hasil bumi. Dengan begitu, perbedaan perekonomian antara masyarakat yang tinggal di wilayah kota tidak akan jauh berbeda dengan masyarakat yang tinggal di perdesaan,” katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan yang dilakukan tersebut seperti membuat siring atau selokan untuk penunjang pembuatan jalan baru. “Ada juga bentuk giat nonfisik TMMD seperti penyuluhan kesehatan, wawasan kebangsaan, penyuluhan tentang bahaya komunis yang saat ini hangat dibicarakan, bahaya terorisme, dan lainnya. Kegiatan ini juga sangat bermanfaaat untuk mendongkrak roda perekonomian warga karena akses ke Pasar Cibaliung lebih dekat, yang mana hasil bumi seperti beras, pisang, kelapa, pete, melinjo, cengkeh, dan sawit bisa cepat dijual ke pasar,” ujarnya.

Kepala Desa (Kades) Batu Hideung, Kecamatan Cimanggu, Sarca Ali Rohman mengucapkan terima kasih kepada TNI yang sudah memperbaiki akses jalan tersebut. “Kami sudah lama mengharapkan ada perhatian, setidaknya pada pembangunan jalan agar akses darat dapat ditempuh dengan cepat. Tujuannya, agar roda perekonomian warga sekitar dapat lebih baik dan penghasilan warga juga terus mengalami peningkatan. Selama giat ini berlangsung, warga juga bergantian ikut berpartisipasi dengan semangatnya,” katanya.

Tokoh masyarakat Kampung Cangkeuteuk, Desa Batu Hideung, Kecamatan Cimanggu, Jumhadi mengaku, kegiatan yang dilakukan itu merupakan bentuk perhatian TNI kepada masyarakat. “Kami mengucapkan banyak terima kasih dengan dilangsungkannya kegiatan ini. Karena, banyak manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Semoga kegiatan yang dilakukan itu akan terus dilakukan demi kebaikan kita semua,” katanya. (Adib F/RBG)