Angkum Penuh Buruh Pabrik Terguling

Sebuah angkutan umum (angkum) terguling di Tol Tangerang-Merak KM 66.600B, Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Senin (30/3) pagi.

SERANG – Sebuah angkutan umum (angkum) terguling di Tol Tangerang KM 66.600B, Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Senin (30/3) pagi. Kecelakaan tunggal angkum yang mengangkut belasan buruh pabrik itu dipicu pecah ban sebelah kiri. Akibatnya, empat penumpang luka-luka.

Kecelakaan di jalan bebas hambatan tersebut terjadi sekira pukul 06.25 WIB. Saat itu minibus Suzuki APV bernopol A 1940 FF yang dikemudikan Kembar S Manik (33) melaju dari arah Merak menuju Tangerang. Saat melintas di lokasi kejadian, angkum mengalami pecah ban belakang sebelah kiri. “Kendaraan tersebut mengalami pecah ban kiri belakang dan oleng ke kanan. Kendaraan tersebut sempat out of control (hilang kendali-red) dan terbalik miring dengan posisi akhir roda kiri di atas menghadap selatan,” kata Kanit Polisi Jalan Raya (PJR) Korlantas Polri Wilayah Serang Timur Ajun Komisaris Polisi (AKP) Tjatur Atmoko dikonfirmasi, Senin (30/3).

Penyebab pecah ban diduga lantaran angkum kelebihan muatan. Soalnya, angkum mengangkut lebih dari delapan orang yang menjadi batas ideal angkum. “Untuk korban yang mengalami luka telah kita evakuasi ke rumah sakit,” ujar Tjatur.

Kecelakaan sempat menyebabkan arus lalu lintas tersendat. Polisi yang tiba di lokasi melakukan pengaturan lalu lintas dan mengevakuasi angkum supaya tidak melintang di badan jalan. “Kendaraan telah kita evakuasi. Untuk lalu lintas sudah kembali normal,” kata Tjatur.

TERGULING

Terpisah, kecelakaan terjadi di Kampung Karundang, Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocokjaya, Kota Serang. Truk bernopol A 9428 K yang dikemudikan Deden Nurmansyah terguling dan nyaris menabrak rumah warga.

Sebelumnya, truk melaju dari arah Serang menuju Pandeglang. Di lokasi kejadian, Deden membanting setir ke kiri jalan lantaran pengendara motor di depannya berhenti mendadak. Akibatnya, truk oleng dan terguling. “Kejadiannya sebelum zuhur tadi. Sopirnya menghindari tabrakan dengan pengendara motor. Ada motor di depannya,” kata warga sekitar, Yati (60).

Akibatnya, Deden mengalami luka-luka dan kondisi truk mengalami ringsek berat pada bagian bodi depan. “Enggak ada penumpang cuma sopir saja. Dia dari Cibubur, Jakarta mau ke Labuan, Pandeglang. Katanya habis nganter kelapa. Kalau tadi muatannya kosong,” kata Yati.

Evakuasi terhadap truk berlangsung sekira dua jam. Petugas Unit Laka Satlantas Polres Serang Kota mendatangkan dua unit mobil derek untuk mengangkat truk di lokasi yang terjal. “Tadi sudah dievakuasi sama polisi,” tutur Yati. (mg05/nda/ags)