anime Yowamushipedal yang bakal tayang di 2017.

MUSIM gugur di Jepang sudah hampir berlalu. Saatnya move on ke musim dingin. Meski baru debut pada pekan pertama Januari, para produsen anime sudah pamer 39 judul serial untuk dicatat di line-up winter season 2017. Bagi para pecinta anime, ini saat yang membahagian. Yes.

Di antara judul-judul anime baru yang mengudara pada musim dingin, hampir sepertiganya adalah sekuel. Sepuluh titel sekuel tersebut berdurasi normal. Dua sisanya merupakan short anime.

Beberapa judul bahkan sudah ditunggu-tunggu penggemar setia. Sebut saja Gintama, Ao no Exorcist: Kyoto Fujouou-hen, dan serial bertema cycling Yowamushi Pedal: New Generation. Berikut preview sebagian anime yang tayang mulai tahun depan.

ACCA: 13-ku Kansatsu-ka
Tayang: 10 Januari
Kerajaan Dowa yang terbagi dalam 13 negara bagian merayakan ulang tahun ke-99. Ke-13 negara bagian memiliki banyak agensi yang seluruhnya dikontrol ACCA.

Jean Otis merupakan salah seorang petinggi di agensi khusus inspeksi ACCA. Tugasnya adalah memantau data yang disuplai perwakilan ACCA di setiap negara bagian. ACCA: 13-ku Kansatsu-ka menuturkan aktivitas Jean yang diisi perjalanan ke berbagai daerah.

Ao no Exorcist: Kyoto Fujouou-hen
Tayang: 7 Januari
Kakak beradik eksorsis Okumura Rin dan Yukio masih belum bisa hidup tenang. Seseorang mencuri mata kiri demon dari zaman Edo yang dikenal dengan julukan Impure King. Mata itu seharusnya aman dari jamahan tangan pencoleng karena disegel di ruang bawah tanah di Akademi True Cross.

Si pencuri menyandera anak-anak sehingga Rin dan Yukio terpaksa turun tangan. Rin, Yukio, dan teman-temannya menuju Kyoto untuk mencari mata Impure King yang hilang.

Chaos;Child
Tayang: 11 Januari
Pada 6 November 2009, Shibuya diguncang gempa berskala 7,8 Richter. Api berwarna hitam berkobar sehingga mengakibatkan kepanikan massa. Jumlah korban jiwa mencapai 3.851 orang dan 30.927 orang menderita luka-luka.

Enam tahun kemudian, serangkaian kasus kematian misterius terjadi di Shibuya. Peristiwa aneh pun mulai terjadi di Shibuya, bertepatan dengan hari di mana terjadi chaos lima tahun sebelumnya. Apa yang sebenarnya terjadi di Shibuya dan apa pemicunya?

Granblue Fantasy the Animation
Tayang: To be announced
Serial yang diadaptasi dari smartphone game karya Cygames. Game Granblue Fantasy kali pertama diperkenalkan di Jepang pada Maret 2014. Versi animasinya dipastikan mengisi line-up musim dingin, tapi tanggal debutnya masih belum diumumkan.

Tokoh utama Granblue Fantasy the Animation adalah Gran. Sang ayah menghilang dan meninggalkan pesan agar Gran menuju Pulau Bintang Istarsia. Setelah bertemu dengan Lulia, Gran memutuskan untuk meninggalkan kampung halamannya.

Gintama
Tayang: 9 Januari
Sunrise selaku production house maupun TV Tokyo yang akan menayangkan belum memberikan bocoran arc mana yang mengawali cerita season kelima Gintama. Tapi, bisa dipastikan trio Yorozuya koplak, yaitu Sakata Gintoki, Kagura, dan Shimura Shinpachi, siap kembali dengan cerita yang lebih seru setelah pembunuhan sang shogun, Tokugawa Shige Shige, di akhir season keempat.

Yowamushi Pedal: New Generation
Tayang: 10 Januari
Sukses mengamankan gelar juara Inter High, tim balap sepeda SMA Sohoku ditinggal tiga anggota seniornya: Kinjou Shingo, Tadokoro Jin, dan Makishima Yusuke. Ban kapten pun dilimpahkan kepada Teshima Junta.

Sebagai tim juara, posisi mereka nggak lantas aman. Banyak sekolah lain yang mengincar kedudukan terhormat itu, termasuk rival terdekat Sohoku, yakni SMA Hakone. Sanggupkah para anggota yang tersisa, yaitu Onoda Sakamichi, Imaizumi Shunsuke, Naruko Shoukichi, dan Aoyagi Hajime, mempertahankan gelar?

Animasi Juga Bisa Jadi Media Pengenalan Budaya Loh

Guys, serial atau film animasi memang sudah akrab bagi masyarakat Indonesia. Apalagi sekaliber Gen Z macam kamu. Lebih-lebih di era gadget, animasi bisa ditonton lewat ponsel. Iya kan?

As we know, berbagai stasiun televisi Indonesia juga rajin sekali menayangkan film animasi atau yang kita kenal dengan film kartun. Asal produksinya juga beragam. Misalnya, Upin Ipin dari Malaysia, Bima dan Krishna dari India, Micky, Donald, dan sederet tokoh Disney dari Amrik, Masha and The Bear dari Rusia, dan pastinya Doraemon juga Ninja Hattori dari Jepang. Bahkan kartun Korea juga mulai menginvasi tuh.

You know what, dari film kartun yang penggemarnya anak-anak ini, adik-adik kita atau bahkan kita, jadi lebih kenal budaya luar dibandingkan budaya sendiri. Kalau sudah begini, Indonesia memang harus rajin memproduksi film kartun deh. Jangan cuma mengandalkan Sopo Jarwo dan Somad.

Masa kini, Upin Ipin sukses mengenalkan kepada kita tentang negara Malaysia yang sangat bersahaja dengan kehidupan pedesaan namun tetap memegang teguh nilai-nilai luhurnya. Dan sepertinya Adit dan Sopo Jarwo memang harus berjuang keras untuk meyakinkan adik-adik kita kalau Indonesia memiliki adat istiadat juga budaya yang nggak kalah keren. Begitu juga dengan keluarga Somat. Walaupun kualitasnya agak kurang memuaskan, tapi upaya untuk mengenalkan keberagaman budaya Indonesia memang terlihat tuh.

Nadif Ramadhan, siswa SMPN 1 Bojonegara bilang, film animasi sarat edukasi yang seperti ini memang perlu banget diproduksi banyak. “Secara, untuk mengenalkan budaya kita ke negara lain. Harusnya lebih dikedepankan lagi film-film animasi seperti itu, agar budaya Indonesia dikenal negara lain. Seperti film Upin Ipin yang kebudayaannya mirip sekali dengan Indonesia,” ujarnya.

Uni Srimulyani, siswi SMAN 1 Bojonegara berkomentar, budaya Indonesia memang sangat penting untuk diperkenalkan kepada anak bangsa. “ Mengenalkannya lewat animasi memang sangat bagus, tetapi film animasinya juga harus dibuat semenarik mungkin agar anak-anak maupun remaja di Indonesia menyukainya. Karena, kalau diceritakan lewat sejarah, terkadang bikin jenuh,” ungkapnya.

Guys, menanamkan kebanggaan tentang Indonesia bisa dimulai sejak dini. Dan cara terhitsnya ya lewat film dong. Secara, film masih jadi media efektif untuk menanamkan nilai-nilai positif tanpa harus menggurui. (dila-zetizen/cr14/zee)