Anjungan KIA Mandiri Jadi Percontohan

TANGERANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lumajang, Jawa Timur melakukan kunjungan ke Disdukcapil Tangsel, Kamis (12/9). Kunjungan tersebut merupakan study banding sejumlah program yang dilakukan Disdukcapil Tangsel, salah satunya adalah kepengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) yang bisa dilakukan di Disdukcapil Corner di lantai 2 Living World, Alam Sutera, Kota Tangsel melalui anjungan KIA Mandiri.

Kepala Disdukcapil Tangsel Dedi Budiawan mengatakan, 40 orang rombongan Disdukcapil Lumajang merupakan tamu yang ke 39 di tahun ini. Mereka datang untuk belajar sekaligus study banding mengenai beragam program yang dilakukan disini. “Kemarin rombongan kami ajak langsung ke Disdukcapil Corner di Living World Alam Sutera untuk melihat anjungan KIA Mandiri. Berharap Disdukcapil Corner dan anjungan KIA Mandiri ini menjadi project percontohan dan bisa diterapkan disana,” kata Dedi saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp.

Dedi menambahkan, ke depan diharapkan hadirnya Disdukcapil Corner dan anjungan KIA Mandiri dapat memotivasi masyarakat dalam mengurus kartu identitas anak (KIA) secara mandiri. Dimana masyarakat bisa langsung mengunjungi Disdukcapil Corner sambil jalan-jalan ke mal. Sehingga pelayanan one stop service akan terasa dekat ke masyarakat.

Perlu diketahui, pelayanan Disdukcapil Corner dibuka setiap Selasa sampai Kamis pukul 10.00 WIB hingga Pukul 18.00 WIB, dan Sabtu dan Minggu pukul 12.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Proses pencetakan KIA juga sangat mudah dan praktis, dimana masyarakat tinggal datang dengan membawa berkas yang diperlukan, yakni kartu keluarga (KK), KTP-el orangtua, akta kelahiran anak. Setelah selesai di verifikasi petugas masyarakat boleh langsung mencetak sendiri KIA di mesin anjungan KIA Mandiri. (adm)