Antisipasi Anggota PPK Nakal, KPU Perketat Rekruitmen

PPK
Ilustrasi/Inet

SERANG – Untuk mengantisipasi adanya anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang nakal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang akan memperketat proses rekruitmen.

“Kita punya pengalaman buruk, ada anggota PPK di salah satu Kecamatan yang nakal pada Pemilu 2014 lalu. Kita akan melakukan antisipasi pada rekruitmen nanti,” ungkap Ketua KPU Kota Serang, Heri Wahidin kepada Radar Banten Online, Kamis (2/6).

Heri mengatakan, langkah antisipasinya, kita akan membuka ke publik nama-nama yang lolos seleksi di tahap awal. Sedangkan rekruitmen PPK akan dilaksanakan pada 20 Juni – 21 Juli 2016, dengan merekrut 30 anggota PPK, dan 198 anggota PPS.

“Kami menginginkan dalam proses rekruitmen ini benar-benar menghasilkan Penyelenggara yang berintegritas, atau PPK netral,” kata Heri.

Heri menambahkan, pihaknya akan mencoret nama-nama PPK yang terindikasi anggota partai politik atau pun tim sukses salah satu calon. Termasuk anggota PPK yang sudah dua periode berturut-turut.

“Kita juga tentu butuh masukan dari Panwas dan masyarakat atau uji publik, dengan menayangkan hasil seleksi di website atau media,” katanya.

Saat ini, kata Heri pihaknya tengah melakukan persiapan internal yaitu dengan mempersiapkan fisik dan mental pegawai atau staf di KPU Kota Serang. (Fauzan Dardiri)