Antisipasi Banjir, Industri dan Masyarakat Normalisasi Sungai

0
376

CILEGON – Ciwandan menjadi salah satu daerah di Kota Cilegon yang kerap diterjang banjir saat musim hujan tiba.

Menyadari hal itu, guna mengantisipasi bencana alam tersebut terjadi, PT Krakatau Posco bersama PT Krakatau Posco Social Enterprise Services Indonesia (KPSE-SI), beserta Krakatau Posco Family Association (KPFA) dan masyarakat serta unsur pemerintah Kecamatan Ciwandan menormalisasi sungai dan saluran air.

Manajer Kehumasan PT Krakatau Posco Edwin Sumiroza menjelaskan, dari analisis iklim terkait prakiraan musim hujan tahun 2020-2021 di Indonesia oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), disimpulkan bahwa awal musim hujan 2020-2021 umumnya akan terjadi mulai bulan Oktober 2020.

Dalam menghadapi musim penghujan di penghujung tahun 2020 ini, manajemen PT Krakatau Posco menilai berbagai persiapan perlu dilaksanakan demi menghindari berbagai kemungkinan bencana yang akan dihadapi. Kondisi yang paling sering terjadi pada musim penghujan tak lain adalah bencana banjir.

Normalisasi sungai dan saluran air dianggap menjadi persiapan yang perlu dilakukan, agar debit air yang berasal dari hujan bisa mengalir ke laut.

“Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari pintu air yang menuju ke arah perusahaan hingga ke sekitarannya. Pengimplementasiannya dijalankan oleh Pemerintah Kecamatan Ciwandan yang bekerja sama dengan Kantor Kelurahan Kubangsari serta masyarakat sekitar,” ujarnya melalui keterangan resmi.

Revitalisasi sungai dan saluran air saat ini tengah menjadi hal yang difokuskan oleh Perusahaan. Pengembalian fungsi sungai dan saluran air yang sebenarnya, tak hanya berdampak positif bagi kebersihan dan kesehatan lingkungan, namun memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat.

“Sebagai salah satu contoh, aliran sungai maupun selokan yang bersih dapat dijadikan tempat untuk budidaya ikan seperti yang sudah diimplementasikan di beberapa desa di negeri kita,” ujarnya.

Perusahaan pun menurut Edwin akan terus mengedukasi masyarakat untuk melestarikan lingkungan.

Krakatau Posco percaya bahwa Kota Cilegon pada khususnya dapat pula menjalankan hal tersebut karena tak hanya bermanfaat untuk saat ini saja. Apabila hal tersebut dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, para generasi penerus dapat merasakan kebaikan dari apa yang ditanam di masa sekarang. (Bayu)