Antisipasi Bencana Cuaca Ekstrem, Polisi Rangkul Mahasiswa

Wadan Satgas Penanggulangan Bencana AKBP Agus Rasyid bersama mahasiswa
Wadan Satgas Penanggulangan Bencana AKBP Agus Rasyid bersama mahasiswa

SERANG – Mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana khususnya pada musim hujan, Brimob Polda Banten selaku koordinator Satgas Penanggulangan Bencana di Provinsi Banten merangkul mahasiswa untuk serta siap siaga menyikapi bencana.

Wadan Satgas Penanggulangan Bencana AKBP Agus Rasyid mengatakan, selain bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satgas pun berkerja sama dengan mahasiswa di Provinsi Banten, khususnya mahasiswa pecinta alam untuk penanggulangan bencana.

“Mereka sudah mendapatkan pendidikan. Selama ini dalam bencana mereka juga bergerak masing-masing. Alangkah indahnya, jika bergabung. Saat ada bencana, bersama-sama,” kata Agus saat ditemui di markas Brimob saat memberikan arahan kepada mahasiswa, Jumat (26/2/2016).

Dipilihnya mahasiswa pecinta alam atau Mapala ini kata Agus karena mereka telah mempunyai bekal pemahaman dan wawasan terkait penanggulangan bencana. “Mereka (Mapala) sudah melalui pendidikan, mereka juga sudah mempunyai pengalaman dalam hal penanggulangan bencana. Menurut BMKG saat ini cuaca ekstrem karena itu harus ada langkah antisipasi,” ujarnya.

Meski Satgas telah mempunyai langkah antisipasi, Agus tetap menghimbau pada masyarakat agar proaktif dengan cara segera melaporkan potensi bencana maupun bencana yang telah terjadi kepada Satgas Penanggulangan Bencana. (Bayu)