Antisipasi Corona, RSDP Serang Batasi Pengunjung

0
1.737 views
Sejumlah pengunjung RSDP berjalan menuju ke luar lingkungan RSDP, Selasa (17/3).

SERANG – RSUD dr Dradjat Prawiranegara Serang (RSDP) Kabupaten Serang yang berlokasi di Jalan Rumah Sakit, Kota Serang membatasi jumlah pengunjung atau pembesuk pasien. Kebijakan itu berlaku hari ini hingga waktu yang belum ditentukan.

Kebijakan itu diumumkan pihak RSDP melalui spanduk yang dipasang di depan lingkungan RSDP. Dalam spanduk tertulis bahwa tidak diperbolehkan membesuk atau mengunjungi pasien terhitung 18 Maret 2020.

Pantauan Radar Banten, lingkungan RSDP mulai sepi pengunjung. Lahan parkir RSDP juga lengang. Sejumlah petugas keamanan terlihat melarang pembesuk yang membawa bayi lima tahun (balita) masuk ke lingkungan RSDP.

Humas RSDP Haerul Anam membenarkan soal pembatasan jumlah pembesuk pasien RSDP. Katanya, kebijakan diambil untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Namun, pihaknya belum memastikan sampai kapan kebijakan berlaku. “Setelah dua minggu nanti kita evaluasi,” ujarnya kepada Radar Banten di lingkungan RSDP.

Kata Anam, pihaknya hanya memperbolehkan satu pengunjung yang masuk untuk menjaga pasien. Satu pengunjung itu akan mendapatkan kartu penunggu pasien dari manajemen RSDP. “Ini berlaku untuk semua pengunjung pasien tanpa terkecuali,” tegasnya.

Disinggung soal pasien isolasi, kata Anam, belum ada perkembangan signifikan. Katanya, pasien masih mengeluhkan sesak napas dan batuk pilek. “Kita sudah sampaikan uji lab, hasilnya belum keluar, biasanya sekitar empat harian,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung RSDP, Rosidi mengaku tidak keberatan dengan kebijakan manajemen RSDP. Ia memaklumi kebijakan itu karena kondisinya sedang waspada penyebaran virus corona. “Ya enggak apa-apalah, yang penting pasien ada yang nungguin saja perwakilan,” ucapnya. (jek/zai/ags)